BANGKALAN – Desa Bilaporah, Kecamatan Socah – Kabupaten Bangkalan punya banyak potensi. Salah satunya adalah buah salak yang pernah menjadi ikon Kabupaten Bangkalan. Salah duanya adalah pemangkas rambut handal.

Pemangkas rambut asal desa ini bukan hanya bekerja di sekitar desa loh gaess.. Mereka banyak mendirkan usaha pangkas rambut sampai ke luar daerah. Bahkan sampai ke seluruh Indonesia hingga ke luar negeri.

Jadi kalo kamu ketemu sama pemangkas rambut hebat, lalu saat bicara ada logat Maduranya..hampir bisa dipastikan itu orang dari Desa Bilaporah. Desa yang letaknya sekitar 5-10 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan.

“Memang kebanyakan orang sini merantau jauh. Ada di mana-mana kerja jadi pangkas rambut. Ada yang bikin usaha sendiri, ada juga yang bekerja pada otang lain,” ungkap Zam.

Zam adalah seorang pengusaha pangkas rambut di Maluku. Kata dia, hampir semua anak laki-laki di Bilaporah tahu cara merapikan rambut. Mulai dari sekadar membantu merapikan rambut tetangganya sampai membuat usaha pemangkas rambut profesional.

Usaha Pemangkas Rambut jadi Solusi Minimnya Lapangan Kerja

Menjadi pemangkas rambut handal dan profesional sebenarnya adalah cara bertahan warga Desa Bilaporah secara ekonomi. Mereka merantau hingga jauh untuk mambangun usaha atau jadi pekerja pangkas rambut.

Sempitnya lapangan pekerjaan mendorong mereka melakukan itu. Tapi untung juga ya gaess.. Dengan begitu warga Desa Bilaporah ini sudah banyak berjasa menciptakan kegantengan di seluruh Indonesia dan dunia. Kalo gak ada mereka, bakalan makin banyak jomblo karena rambutnya gak terawat dan cewek-cewek males ngelirik.

Semakin hari kian banyak laki-laki desa ini keluar dari kampung halamannya. Ada yang keluar pulau, ada juga yang jadi TKI dan memangkas rambut di luar negeri sana.

Pemangkas rambut dari Bangkalan Madura

Pemangkas rambut asal Bangkalan Madura di Makassar. (Foto lh3.googleusercontent.com)

Urbanisasi dan imigrasi para pemangkas rambut handal Desa Bilaporan ini patut jadi pilihan. Soalnya, di luar desa ongkos pangkas rambut lumayan gede. “Kalau di luar tarifnya lebih tinggi dari sini,” terang Zam. Makanya, sambungnya, banyak anak muda tertarik untuk pergi ke luar daerah ato ke luar negeri untuk ngumpulin rupiah dan mata uang lainnya.

Bayangin aja, kalo di Madura ato Jawa ongkos pangkas rambut 10 ribu doang. Tapi kalo di luar Madura dan Jawa, ongkos pangkas rambut 300% lebih tinggi gaess.. Bahkan, ada beberapa daerah yang ongkos pangkas rambutnya sampai 10 kali lipat dari Madura dan Jawa. “Contohnya di Kabupaten Puncak Jaya di Provinsi Papua. Di sana ongkosnya bisa 100 ribu untuk satu kali permak rambut,” ungkap Zam. (#)

Penulis: Oktavian I Johansyah / Kelas Content Creator IKMS)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)
No more articles