BudayaTravel

Kisah Legenda Panji Laras, Sang Pemilik Ayam Jago Tak Terkalahkan

Makam Panji Laras Di Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang
Makam Panji Laras di Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang

SAMPANG – Siapa yang tidak tau tentang kisah Panji Laras Khususnya masyarakat Kabupaten Sampang. Makam tersebut berada di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang

Dikisahkan, sang legenda Panji Laras memiliki seekor ayam jago yang tidak terkalahkan bahkan setiap kali bertarung selalu membuat musuh terkapar tidak berdaya.

Uniknya ayam jago tersebut dijadikan sebagai media dakwah dalam menyebar ajaran Islam oleh sang legenda Panji Laras.

Juru kunci Makam Panji Laras, Fauzan mengatakan bahwa sosok Panji Laras dulu sangat disegani oleh masyarakat.

“Kegemaran sabung ayam sembari menyebarkan agama islam merupakan hal yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Ia menerangkan, daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sampang. Di luar Kabupaten Sampang juga dikisahkan tentang Panji Laras. Namun, yang paling mendekati kebenaran yakni di Madegen, Sampang.

Sementara itu, Kadis Disporabudpar, H. Marnilem melalui Sekretaris Disporabudpar Didik Suryanto, ST, MT, menyampaikan bahwa wisata religi Panji Laras dikelola oleh Disporabudpar Kabupaten Sampang dan Disbudpar Provinsi Jatim.

” Kami melakukan pemeliharaan, merawat dan menjaga kebersihan situs dengan menyediakan Juru Pemelihara dari Kabupaten dan Provinsi,” ujarnya, Jum’at (09/06/23).

Dirinya mengatakan bahwa banyak wisatawan lokal, wisatawan Nusantara dan juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke situs tersebut.

Pihaknya berharap, semoga situs-situs yang ada di Kabupaten Sampang tetap terjaga nilai sejarahnya sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan untuk mendongkrak perekonomian Kota Bahari. (dim)

Exit mobile version