Berita

Dinamika Pengusulan Pj Bupati, Berikut Nama Usulan Masing – Masing Fraksi di DPRD Sampang

Ilustrasi
Ilustrasi

SAMPANG – Masa jabatan Bupati H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat akan berakhir tanggal 31 Desember 2023 sehingga saat ini fraksi – fraksi di DPRD Sampang mulai melakukan pengusulan nama Penjabat (Pj) Bupati.

Proses pengusulan Pj Bupati sangat dinamis karena masing-masing fraksi memiliki kriteria terhadap calon yang diusulkan.

Fraksi yang telah menentukan nama usulan Pj Bupati diantaranya fraksi PPP, Demokrat dan Perjuangan Rakyat sedangkan lima fraksi lainnya masih menggodok nama usulan Pj Bupati diantaranya Fraksi PKB, Nasdem, Golkar, dan Amanat Sejahtera.

Ketua Fraksi Demokrat Abdussalam menyatakan bahwa di internalnya hanya mengusulkan satu nama Pj bupati yakni Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rudi Arifiyanto.

Pihaknya mengaku telah mengkaji profil Rudi Arifiyanto bersama anggota saat melakukan rapat di internal fraksi dan bersepakat mengusulkan satu nama.

Rudi Arifiyanto dianggap memiliki pengalaman kerja birokrasi di pemerintah pusat sehingga pengalaman tersebut menjadi modal penting untuk menakhodai Kota Bahari. 

Di sisi lain, Ketua Fraksi Golkar Ubaidillah mengatakan bahwa bahwa saat ini masih dalam pembahasan yang alot karena setiap anggota memiliki referensi masing-masing.

“Ada lima nama yang dibahas di internal fraksi diantaranya Rudi Arifiyanto, H. Yuliadi Setiyawan, dan Sudarmata kemudian Direktur Poltera Laily Ulfiyah selaku direktur Poltera dan Kepala Dinsos PPPA Fadeli,” ungkapnya, Sabtu (21/10/2023).

Fraksi Golkar memiliki kriteria sosok yang dianggap cocok menjadi Pj bupati Sampang harus memiliki track reccord bagus, berkompeten, dan memahami kondisi di daerah.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Perjuangan Rakyat Iwan Effendi mengaku sudah mengajukan nama Pj bupati kepada DPRD Sampang diantaranya Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan kedua Asisten I Sekretariat Kabupaten Sampang Sudarmanta dan ketiga Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rudi Arifiyanto.

Ketua Fraksi PKB Ach. Baihaki memiliki cara tersendiri untuk menyeleksi nama-nama yang akan diusulkan sebagai Pj Bupati dengan juga meminta masukan kepada masyayikh PKB hasilnya, ada empat nama yang masuk dalam pembahasan internal PKB.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sampang Fraksi Nasdem Rudi Kurniawan mengaku mengusulkan tiga nama kepada sekretariat DPRD Sampang.

Tiga nama yang telah memenuhi syarat tersebut diantaranya Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan, Kepala Dinsos PPA Fadeli dan Direktur Poltera Laily Ulfiyah.

“Dua nama berlatar belakang birokrat dan satu akademisi, namun jika di-ranking pihaknya lebih condong kepada Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan,” ungkapnya.

Sosok Yuliadi Setiyawan menurutnya sangat berpengalaman dalam sistem pemerintahan di Kabupaten Sampang dan merupakan putra daerah. (red)

Exit mobile version