Berita

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke 493 Terancam Tidak Meriah

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga Dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Moh Zahri.
Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Moh Zahri.

PAMEKASAN – Perayaan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Pamekasan Ke-493 di tahun 2023, dipastikan digelar tanpa even seperti di tahun sebelumnya.

Kepastian itu, disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Moh Zahri.

Agenda Hari Jadi Ke-493 Kabupaten Pamekasan, diperkirakan tidak meriah lantaran minim anggaran.

“Rencananya, tahun ini hanya akan menggelar upacara Hari Jadi Pamekasan dan Haul Ronggosukowati. Saya kira dengan anggaran minim, pasti itu masih mencukupi. Tapi kalau acara-acara besar seperti tahun sebelumnya, tidak memungkinkan,” ungkapnya, Selasa (29/08/2023).

Moh Zahri menjelaskan bahwa Disporapar sudah mengajukan alokasi anggaran Harjad sebesar Rp 1,3 miliar namun Pemkab Pamekasan menyetujui sebesar Rp 300 juta.

Di samping itu, dirinya berusaha koordinasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar mendapat dukungan anggaran.

“Awalnya kita ajukan Rp 1,3 miliar dan yang disepakati oleh Pemkab Pamekasan hanya Rp 300 juta. Itu memang semua OPD terkena pemangkasan anggaran, jadi kami berusaha berkoordinasi dengan BUMN yang ada,” jelasnya.

Sekedar diketahui, momentum Harjad Pamekasan Ke-492 tahun 2022 lalu, beberapa event digelar. Seperti Festival Bonsai Nasional, Orasi Kepemudaan, Pamekasan Night Carnival, Bazar UMKM, Malam Kemilau Madura, Jalan-Jalan Santai dan Pameran Cagar Budaya.

“Kegiatan-kegiatan non prioritas untuk event besar seperti tahun kemarin, itu membutuhkan anggaran besar. Sehingga, ditiadakan. Dan tahun ini, lebih mengedepankan kegiatan even prioritas seperti upacara dan Haul Ronggosukowati,” pungkasnya. (wan)

Exit mobile version