Berita

Buka Eskopfest 2023, Wabup Fattah Jasin Bangga Dengan Kreasi Anak Muda

Wabup Pamekasan Ir. Fattah Jasin Saat Memberikan Sambutan.
Wabup Pamekasan Ir. Fattah Jasin saat memberikan sambutan.

PAMEKASAN – Wakil Bupati Pamekasan Ir. Fattah Jasin membuka Event Explorasi Kopi Pamekasan (Eskopfest) 2023, di Food Colony Jalan Kesehatan Pamekasan, Jumat (25/08/2023).

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan dengan bertujuan untuk mengembangkan skil pengolahan kopi di Pamekasan.

Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin mengaku bangga kepada anak muda yang mau berkreasi membangkitkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pamekasan, hal tersebut disampaikan saat membuka event Eskopfest.

“Saya bangga karena mampu membangkitkan dan bersinergi dengan UKM yang ada di area Food Colony”,  kata Fattah Jasin dikutip dari Karimata FM.

Ia mengatakan, sampai saat ini UKM masih menjadi penyumbang ekonomi terbesar di Kabupaten Pamekasan, terutama dari penjualan kopi hingga mencapai 65 persen.

Harisandi Savari Ketua Kadin Pamekasan menyampaikan, bahwa Kadin terus berkomitmen untuk memfasilitasi dan mendukung pelaku UKM agar terus mengembangkan usaha mereka.

Ia menyebut, dengan adanya event ini bisa menjadi salah media promosi bagi pelaku UKM terutama pedagang kopi di Pamekasan. Sehingga masyarakat lebih mengetahui masing masing produk yang dipasarkan.

“Kami selalu support pelaku UKM agar mereka terus semangat dan bangkit. Dari event ini perputaran ekonomi di Pamekasan semakin meningkat”, ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Fauzan Ramadhan ketua penyelenggara event Eskopfest menjelaskan, ide Eskopfest ini muncul karena coffee shop dan pecinta kopi di Pamekasan semakin banyak sehingga dirasa penting untuk memberikan edukasi kepada mereka penjual kopi.

“Karena kita lihat di Pamekasan semakin banyak penjual kopi tapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengolah kopi sehingga kita fasilitasi untuk mengembangkan skil mereka,” katanya.

Menurutnya, dalam event ini juga ada workshop pengolahan kopi yang baik dan benar, selain itu juga ada lomba pengolahan kopi.

“Sebanyak 65 peserta yang ikut dalam event ini selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu 25 – 27 Agustus 2023. Alhahmdulillah animo masyarakat cukup tinggi”, tutupnya (wan)

Exit mobile version