HP Lemot, Cepat Lakukan Langkah Ini

Images
Images

Handphone (HP) baru atau lama tiba-tiba lemot? Jangan putus asa. Tetap sabar dan jangan dulu cari HP kreditan untuk ganti HP baru.

Dari berbagai pengalaman pemakaian dan sharing dengan tukang servis HP, taberita.com akan berbagi tips supaya smartphone tidak lemot lagi. Begini caranya:

#1 Sering-sering hapus cache

Langkah ini sangat penting. Cache yang menumpuk akan bikin smartphone bekerja di bawah performa yang seharusnya alias lemot. Karena memori yang berjalan pun semakin banyak dan CPU juga bekerja ekstra. Semakin lama tentu saja bisa membuat smartphone makin lemot karena tidak kuat menahan beban.

Membersihkan cache tidak akan makan waktu yang lama. Sekitar 1 atau 2 menit saja. Setelah itu bandingkan hasilnya dengan sebelum bersih-bersih cache.

#2 Jangan sering dipake main game

Game adalah aplikasi yang membuat smartphone bekerja ekstra. Sering dipakai main game akan membuat performa smartphone cepat menurun. Kadang, di tengah-tengah menjalankan aplikasi tiba-tiba jadi tutup sendiri. Hampir dipastikan itu terjadi karena penggunaan untuk bermain game yang terlalu lama. Selain performa mesin yang berpengaruh, performa baterai juga menurun.

Disarankan kalau senang main game, gunakan smartphone khusus buat main game. Jangan digabung sama smartphone buat kerjaan utama.

#3 Langsung tutup aplikasi yang tidak digunakan

Kesalahan pengguna smartphone yang paling dilakukan adalah membiarkan aplikasi terus berjalan di latar belakang. Disebabkan karena lupa menutup, atau sengaja tidak ditutup karena akan dipakai lagi. Serung terjadi adalah belasan atau puluhan aplikasi berjalan. Itu membuat performa smartphone jadi lemot.

Jadi, sebaiknya setiap kali selesai menggunakan sebuah aplikasi, langsung disclose saja. Karena kalau tetap berjalan, aktivitas di belakang layar akan memakan banyak memori dan CPU bekerja harus lebih keras yang lama kelamaan kalau jadi kebiasaan bisa menurunkan performa sebuah smartphone. (ano)

Berikan Komentar

Vote Artikel Ini

0 0