tutup
Berita

12.516 Warga Bangkalan Dapat Bantuan Beras 10 Kilogram Setiap Bulan

×

12.516 Warga Bangkalan Dapat Bantuan Beras 10 Kilogram Setiap Bulan

Sebarkan artikel ini
Suasana Saat Sremonial Pelaksanaan Penyerahan Bantuan Beras Pada Kpm.
Suasana saat sremonial pelaksanaan penyerahan bantuan beras pada KPM.

BANGKALAN – Sebanyak 12.516 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan menerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah seberat 10 Kg, Jumat, (02/02/2024).

Pj Bupati Bangkalan Arief M. Edie mengatakan bahwa bantuan berupa beras yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu itu merupakan program pemerintah tahun 2024 melalui Badan Pangan Sosial.

Img 20240409 Wa0073 12.516 Warga Bangkalan Dapat Bantuan Beras 10 Kilogram Setiap Bulan

Menurutnya, selain untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu, bantuan ditujukan untuk menekan harga beras di pasar agar tidak naik.

“Untuk Kabupaten Bangkalan, bantuan beras akan disalurkan kepada 12.516 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 18 Kecamatan, untuk sementara, bantuan beras akan diberikan selama 3 bulan, yaitu dari Januari hingga Maret,” ujarnya.

Pemerintah telah merencanakan penyaluran bantuan pencadangan beras untuk 6 bulan, namun untuk sementara akan disalurkan selama 3 bulan untuk bulan Januari-Maret dan jika kondisi memungkinkan, bantuan akan dilanjutkan untuk 3 bulan selanjutnya, yaitu bulan April-Mei.

“Penyaluran bantuan pada hari ini merupakan distribusi bantuan untuk bulan Januari, karena itu, saya menghimbau agar distribusi dan penyalurannya dapat terlaksana dengan cepat sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat segera memenuhi kebutuhannya,” katanya.

Sedangkan untuk proses distribusi, Pj. Bupati mengatakan bantuan akan didistribusikan ke kecamatan-kecamatan yang kemudian akan disalurkan ke kepala desa dan KPM.

“Saya minta para forkopimcam khususnya camat untuk terus mengawal proses distribusinya,” tegas Pj. Bupati.

Baca juga  Segera Daftar, Polres Sampang Siapkan 2 Bus Mudik Gratis Rute Surabaya dan Jakarta

Sementara itu, Pimpinan Bulog Cabang Madura, Kuswadi, mengatakan beras bantuan yang disalurkan kepada masyarakat merupakan beras jenis medium.

“Untuk Kabupaten Bangkalan, setiap bulan akan kita salurkan sebanyak 1.020 ton, jadi untuk bantuan dari Januari hingga Maret nanti, totalnya 3.060 ton,” jelasnya.

Terkait stok beras di Kabupaten Bangkalan, Kuswadi mengatakan hingga 3 bulan ke depan stok beras di Kabupaten Bangkalan masih aman.

“Terlebih lagi setelah bulan Maret nanti, para petani juga akan panen sehingga diharapkan akan menambah stok pangan beras dan menekan harga beras,” pungkasnya. (ang)