tutup
ght="300">
Berita

17.136 KPPS di Pamekasan Dilantik Secara Serentak, Ketua KPU Ingatkan Kondisi Kesehatan Jadi Perhatian Utama

×

17.136 KPPS di Pamekasan Dilantik Secara Serentak, Ketua KPU Ingatkan Kondisi Kesehatan Jadi Perhatian Utama

Sebarkan artikel ini
Pelantikan Anggota Kpps Di Kelurahan Barurambat Kota, Kabupaten Pamekasan. (Dok. Rri)
Pelantikan anggota KPPS di Kelurahan Barurambat Kota, Kabupaten Pamekasan. (Dok. RRI)

PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan melantik secara serentak sebanyak 17.136 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Kamis (25/1/2024) di masing-masing kelurahan dan desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili mengatakan bahwa setelah pelantikan, para KPPS itu mendapatkan bimbingan teknis dari PPS.

Mereka akan bertugas di 2.448 tempat pemungutan suara dan setelah dilantik telah harus bertugas dan bekerja dengan baik.

Halili juga menyampaikan bahwa para KPPS juga melakukan penanaman pohon di masing-masing lokasi pelantikan untuk melestarikan lingkungan.

“Dimana dalam penyelenggaraan pemilu banyak menggunakan kertas seperti surat suara, bilik suara, dan kotak suara,” ungkapnya.

Baca juga  28 Paskibra Kabupaten Sampang Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih, Berikut Daftar Nama dan Asal Sekolah Mereka

Menurut Halili, kondisi kesehatan menjadi perhatian utama selama proses rekrutmen anggota KPPS, agar kejadian banyaknya anggota KPPS pada Pemilu 2019 yang kelelahan, lalu sakit dan meninggal dunia, tidak terjadi lagi pada Pemilu 2024.

Selain itu, pihaknya juga mendorong para KPPS untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, guna memastikan seluruh petugas mendapatkan perlindungan jaminan sosial, mengingat memiliki risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. (wan)