tutup
Berita

Atasi Kerawanan Pangan, Ini yang Dilakukan Pemkab Pamekasan

×

Atasi Kerawanan Pangan, Ini yang Dilakukan Pemkab Pamekasan

Sebarkan artikel ini
Img 20181015 Wa0018
IMG 20181015 WA0018

PAMEKASAN – Untuk menangani kerawanan pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pamekasan akan berupaya memaksimalkan pemanfaatan pekarangan rumah-rumah warga dengan menanam beragam jenis sayuran.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, program yang dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum mencakup secara keseluruhan, untuk itu mulai tahun ini pihaknya akan ikut membantu menjalankan kegiatan berkebun di pekarangan rumah, sebagai salah satu upaya menangani kerawanan pangan dengan sasaran ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di daerahnya.

Img 20240311 Wa0009 Atasi Kerawanan Pangan, Ini Yang Dilakukan Pemkab Pamekasan

Bambang menerangkan, pihaknya akan menggandeng pihak swasta seperti produsen bibit sayuran untuk memberikan pelatihan, termasuk menyadarkan mereka berkaitan dengan pentingnya makanan bergizi serta cara-cara pengolahannya.

“Paling tidak pemenuhan gizi keluarga, mereka tidak usah beli, tapi memanfaatkan hasil yang ada di pekarangan mereka, dan kalau memang itu berlebih, ya bisa dijual untuk menambah income mereka,” ucapnya, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, sudah ada sebagian warga setempat yang melakukan kegiatan tersebut dengan aneka sayuran yang ditanam seperti tomat, kangkung dan bayam.

Bambang menambahkan, apabila kegiatan itu bisa berjalan baik, maka akan membantu dalam mencukupi ketersediaan, keterjangkauan dan keberagaman bahan pangan. (Ip)

Baca juga  Slogan Bupati dan Wabup ‘Winner’ dari Bangkalan sampe Sumenep