tutup
ght="300">
Berita

BEM KM UTM dan BEM SI Jawa Timur Deklarasikan Pemilu Aman dan Damai

×

BEM KM UTM dan BEM SI Jawa Timur Deklarasikan Pemilu Aman dan Damai

Sebarkan artikel ini
Suasana Deklarasi Damai Bem Km Utm Dan Bem Si Jawa Timur Di Pendopo Agung Bangkalan
Suasana Deklarasi Damai BEM KM UTM dan BEM SI Jawa Timur di Pendopo Agung Bangkalan

BANGKALAN – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dengan BEM SI Jawa Timur menggelar Deklarasi Pemilu 2024 yang aman dan damai di Pendopo Agung Bangkalan, Rabu (20/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari Mahasiswa UTM, BEM SI Jatim dan BEM Madura Raya dengan dikemas dengan Talk Show dengan tema “Tentukan Arah Gerak Demokrasi”.

Talkshow tersebut mendatangkan Narasumber Pj Bupati Bangkalan Dr. Arief M. Edie M.Si., Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Saleh, Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya, S.H, S.I.K, Pj dan Motivator Muda Taufik Hidayah, S.Ikom, M.Ikom.

Keempat narasumber tersebut memberikan pemahaman kepada para mahasiswa menjaga pentingnya persatuan demi menjaga pemilu aman dan damai.

Ketua Pelaksana Imamudien Syafrie menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk keterlibatan mahasiswa dalam mengawal demokrasi.

Pihaknya berharap para mahasiswa khususnya di Madura ikut memberikan kontribusi nyata dengan mendeklarasikan pemilu yang aman dan damai.

Baca juga  Pemilu 2024 di Bangkalan Bakal Diikuti 17 Parpol

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UTM selaku Koordinator Wilayah BEM SI Jawa Timur menyampaikan bahwa generasi muda menjadi sasaran para kontestan pemilu tahun 2024.

Sehingga sangat penting bagi mahasiswa dan BEM SI Jatim untuk ikut andil dalam memberikan wawasan dan gerakan positif untuk persatuan.

“Sebanyak 52 persen pemilih tahun 2024 itu terdiri dari Pemilih Muda sehingga anak muda menjadi target utama oleh para tim kemenangan Kontestan Pemilu, momen ini kita manfaatkan ke arah positif bahwa anak muda mampu menghadirkan suasana Demokrasi yang Damai dan dan tidak mudah di pecah belah,” ucapnya.

Dalam deklarasi pemilu yang aman dan damai tersebut, Mahasiswa UTM dan BEM SI Jatim menyatakan sikap dan komitmen untuk menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan siap mensukseskan pemilu yang aman, damai, jujur, adil dan demokratis.

Baca juga  Bedah 502 Rumah dan 'Mission Impossible' Kodim 0826 Pamekasan

“Kami menolak segala bentuk penyebaran hoax, kampanye hitam, ujaran kebencian, politik uang dan SARA,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Saleh menyampaikan, dalam pemilu tahun 2024 nanti pemilih terbanyak terdiri dari pemilih muda yaitu sekitar 52 persen.

“Saya harap kawan-kawan mahasiswa dapat memberikan wawasan dan edukasi kepada masyarakat dan anak muda lain bahwa tgl 14 februari nanti semua berangkat TPS tps dan tentukan pilihannya masing-masing sesuai pilihan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie menejelaskan, Pemerintah kabupaten bangkalan sangat mengapresiasi kegiatan Talk Show dan Deklarasi Pemilu Damai yang di inisiasi oleh BEM UTM.

“Kami bantu fasilitasi pelaksanaannya di pendopo agung ini. Setelah kegiatan ini selesai diharapkan mahasiswa dan bem dapat bersama-sama mengkawal demokrasi dengan baik,” pungkasnya. (ang)