tutup
Berita

Bus Trans Jatim Direncanakan Memperluas Rute ke Bangkalan

×

Bus Trans Jatim Direncanakan Memperluas Rute ke Bangkalan

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Pj Bupati Bangkalan Dengan Kadishub Provinsi Jatim.
Pertemuan Pj Bupati Bangkalan dengan Kadishub Provinsi Jatim.

BANGKALAN – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menyambut positif perluasan layanan bus trans Jawa Timur (Trans Jatim) di Kabupaten Bangkalan.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie saat rapat Koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur terkait persiapan launching perluasan Rute Bus Trans Jawa Timur koridor V dengan rute Bangkalan-Surabaya yang direncanakan pada bulan Oktober 2024.

Img 20240409 Wa0073 Bus Trans Jatim Direncanakan Memperluas Rute Ke Bangkalan

“Kami menyambut baik dan mendukung adanya perluasan Rute Bus Trans Jatim di Bangkalan,” ungkapnya, Senin (15/01/2024).

Sebab menurutnya dengan adanya rute Bus Trans Jatim ini tentunya akan menyedikan layanan transportasi umum bagi masyarakat di Bangkalan, terutama bagi para masyarakat yang bekerja di Surabaya.

Tidak hanya itu, Pj Bupati juga mengatakan dengan adanya trans jatim juga membuka peluang dalam pengembangan sektor ekonomi masyarakat Bangkalan. 

“Karena itu, dalam persiapannya kami akan berkoordinasi dengan Dishub Bangkalan dan Organda sehingga tidak terjadi singgungan dengan trayek angkutan di Bangkalan. Selain itu kami juga berharap Trans Jatim nantinya dapat melewati beberapa titik keramaian serta zona ekonomi di Bangkalan,” ungkapnya dikutip dari Bangkalankab.

Pj Bupati juga akan menggandeng Organda yang ada untuk menghimpun angkutan kota yang nantinya akan disubsidi dengan fasilitas bus untuk dikelola secara bersama. 

“Tentunya ini akan kita koordinasikan dengan melibatkan organda serta Dishub Bangkalan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono, dalam paparannya menjelaskan untuk rute Trans Jatim Bangkalan-Surabaya dan Surabaya-Bangkalan akan masuk dalam Koridor V. 

Baca juga  Oknum Anggota DPRD Bangkalan Tersangka Tragedi Tanah Merah Laok Merupakan Kader PPP

“Untuk menunjang Trans Jatim, Provinsi Jawa Timur akan menyediakan angkutan berupa 15 Smart Bus yang akan beroperasi di rute Bangkalan-Surabaya dan Surabaya-Bangkalan dengan jam layanan dari pukul 05.00 – 21.00 WIB,” jelasnya.

Untuk mendukung rute sepanjang 59 Km trans jatim Bangkalan-Surabaya akan disediakan 8 halte di rute yang dilalui yakni halte terminal Purabaya, Halte Purabaya, halte perak barat, halte amoel-sidotopo, halte Kedindinglor, halte simpang tangkel, Halte embong mereng burneh, Halte Plaza Bangkalan, Halte Terminal Bangkalan.

“Program Trans Jatim ini ditujukan untuk menyediakan layanan transportasi umum yang memadai dan murah. Harga tiket sangat terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 untuk kalangan umum dan Rp 2.500 untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang dapat diakses melalui aplikasi Trans Jatim ajaib namun kami tetap menyediakan pembayaran tiket secara cash untuk mempermudah masyarakat,” pungkasnya. (ang)