tutup
Berita

Cegah Bencana Banjir, Sejumlah Relawan di Sampang Bersihkan Sungai Kamoning

×

Cegah Bencana Banjir, Sejumlah Relawan di Sampang Bersihkan Sungai Kamoning

Sebarkan artikel ini
Aksi Kerja Bakti Relawan Bersama Bpbd Sampang Di Sungai Kamoning Desa Panggung.
Aksi kerja bakti relawan bersama BPBD Sampang di Sungai Kamoning Desa Panggung.

SAMPANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama para relawan melakukan kegiatan kerja bakti pembersihan sampah dan ranting bambu di Sungai Kamoning tepatnya di Dusun Minggar, Desa Panggung, Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kades Panggung Subaidi, Kepala BPBD Sampang, tim relawan FPRB, LPBI NU, Tagana, Bagana, Destana Polagan, Destana Gunung Maddeh, Destana Banyuanyar, KSB, ASB SMKN 1 Sampang, ECO Enzim, Bank Sampah GoGreen, PMI, LDII, DLH Perkim, Banser Sampang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pemdes dan seluruh masyarakat Desa Panggung Sampang.

Img 20240409 Wa0073 Cegah Bencana Banjir, Sejumlah Relawan Di Sampang Bersihkan Sungai Kamoning

Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut merupakan agenda yang dilaksanakan secara rutin oleh warga desa setempat sebagai langkah untuk mengantisipasi dan mencegah, terjadinya banjir saat musim hujan.

Pasalnya, memang di daerah Desa Panggung dan sekitarnya menjadi langganan banjir apabila sudah memasuki musim penghujan tiba.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sampang, Candra Romadhani Amin mengatakan bahwa kerja bakti dan bersih-bersih di sekitaran sungai ini dilakukan secara spontanitas yang didasari laporan dari warga desa setempat.

“Kami mewakili seluruh tim relawan penanggulangan bencana Kabupaten Sampang, bersinergi dengan warga desa setempat untuk melakukan pembersihan sampah dan ranting di bentaran sungai sekaligus pemotongan ranting pohon yang lebat di sekitaran sungai Desa Panggung,” ucapnya.

Candra berharap seluruh masyarakat Kabupaten Sampang, khususnya bagi yang wilayah tinggalnya menjadi langganan banjir untuk selalu berkoordinasi dengan BPBD Sampang.

Baca juga  Polres Sampang Dalami Kasus Percobaan Pemerkosaan di Camplong

”Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa meminimalisir dan mengantisipasi sejak dini terjadinya bencana alam di Kabupaten Sampang,” harapnya.

Meski demikian, pihaknya menghimbau warga untuk tetap waspada karena musim penghujan intensitasnya semakin meningkat saat ini. (red)