tutup
Berita

Cegah Kekerasan dan Kejahatan Terhadap Anak di Sampang, Program “Police Goes To School” Dimasifkan

×

Cegah Kekerasan dan Kejahatan Terhadap Anak di Sampang, Program “Police Goes To School” Dimasifkan

Sebarkan artikel ini
Plh Kapolsek Torjun Ipda Sugianto Hadi Prayitno Saat Memberikan Pengarahan Kepada Siswa-Siswi Di Sdn Bringin Nonggal 1.
Plh Kapolsek Torjun Ipda Sugianto Hadi Prayitno saat memberikan pengarahan kepada siswa-siswi di SDN Bringin Nonggal 1.

SAMPANG – Plh Kapolsek Torjun Ipda Sugianto Hadi Prayitno bersama anggota melaksanakan kegiatan Police Goes To School di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SDN 1 Bringin Nonggal Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, Jum’at (5/1/2024).

Kegiatan Police Goes To School rutin dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada kepala sekolah, guru serta murid sebagai upaya pemeliharaan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Torjun.

Img 20240409 Wa0073 Cegah Kekerasan Dan Kejahatan Terhadap Anak Di Sampang, Program &Quot;Police Goes To School&Quot; Dimasifkan

Dengan bahasa yang mudah di mengerti anak-anak, Ipda Sugianto berharap siswa-siswi UPTD SD Negeri 1 Bringin Nonggal tidak melakukan perundungan atau bullying kepada teman-temannya baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

Kapolsek Torjun Ipda Sugianto HP juga menjelaskan aksi bullying dapat menimbulkan dampak negatif yang serius, baik bagi korban maupun pelaku sekaligus berpengaruh terhadap kesehatan mental, emosional, fisik dan sosial anak-anak.

Kepada Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 1 Bringin Nonggal Nurul Hurriyah S.Pd, guru dan siswa-siswi, Ipda Sugianto juga memberikan contoh perilaku bullying fisik, bullying verbal dan bullying secara tidak langsung.

Himbauan pencegahan tindak kejahatan pelecehan seksual kepada anak di bawah umur, penculikan anak dan antisipasi anak hanyut di sungai saat musim penghujan juga di sampaikan kepada siswa-siswi sekolah dasar negeri yang berada di Desa Bringin Nonggal Kecamatan Torjun.

“Kegiatan ini juga merupakan langkah konkrit melakukan pencegahan terjadinya kekerasan dan kejahatan pada anak di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Baca juga  Plt. Kadiskominfo Sampang : Pers Miliki Peran Strategis Dalam Mensukseskan Pembangunan

Dirinya memasifkan kegiatan pencegahan mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas yang dapat mengakibatkan konflik sosial di masyarakat Kabupaten Sampang.

Kegiatan itu juga tindak lanjut kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama elemen masyarakat Kabupaten Sampang dalam rangka pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Sampang yang dilaksanakan Polres Sampang kemarin.

Ipda Sugianto menegaskan bahwa Polsek Torjun akan terus melaksanakan upaya-upaya pencegahan ke masyarakat khususnya tempat-tempah belajar mengajar untuk mencegah terjadinya kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di Kecamatan Torjun.

Sementara itu, Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 1 Bringin Nonggal Nurul Hurriyah S.Pd mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Plh. Kapolsek Torjun beserta anggotanya yang telah memberi ilmu pada anak didiknya tentang bullying, antisipasi anak tenggelam saat musim hujan, antisipasi pelecehan seksual, antisipasi penculikan anak.

Pihaknya menyampaikan bahwa pengarahan dari polisi sangat jelas dan mudah dimengerti siswa-siswi serta mengharapkan kegiatan tersebut dapat bermanfaat sekaligus bisa diterapkan anak-anak di lingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah. (red)