tutup
Berita

Cuaca Ekstrem di Sampang, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

×

Cuaca Ekstrem di Sampang, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

Sebarkan artikel ini
Release Peringatan Dari Bmkg Juanda.
Release peringatan dari BMKG Juanda.

SAMPANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan serius terkait potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur, termasuk Sampang, pada periode 26 Februari – 03 Maret 2024.

Potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan bahkan hujan es diharapkan dapat terjadi.

Img 20240409 Wa0073 Cuaca Ekstrem Di Sampang, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

Berdasarkan rilis BMKG, Jawa Timur sedang berada pada puncak musim hujan dan dijelaskan bahwa suhu muka laut yang hangat, pola pertemuan angin, serta kondisi atmosfer yang labil dan lembab menciptakan penumpukan massa udara basah, membentuk awan konvektif masif di wilayah Jawa Timur.

BMKG Juanda menghimbau masyarakat di wilayah Sampang dan sekitarnya untuk senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Wilayah dengan topografi curam, bergunung, atau tebing perlu lebih waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor, khususnya saat hujan dengan intensitas sedang-lebat dan durasi yang panjang.

Dihimbau juga bagi yang sedang berkendara, perlu diwaspadai kondisi jalan yang licin, pohon tumbang, serta berkurangnya jarak pandang saat hujan lebat.

Masyarakat juga dihimbau untuk memantau kondisi cuaca terkini melalui situs web resmi BMKG Juanda dan mematuhi informasi peringatan dini yang diberikan oleh instansi terkait dan bersama-sama menjaga keselamatan dan kewaspadaan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem ini. (red)

Baca juga  Seorang Petani di Karongan Sampang Meninggal Usai Ditabrak Pengemudi Toyota Rush