Hal-Hal yang Dirindukan Kalo Sampang Gak Banjir

Ketika Bupati Sampang meraih penghargaan Innovative Government Award 2020, Tata bahagia banget. Tapi kebahagiaan itu hanya sekejap, karena banjir udah datang lagi ke rumah-rumah warga di Sampang. Padahal, belum lama kemarin udah banjir 3 kali.

Ini banjir yang ke – 4 di bulan Desember 2020. Kalo ada penghargaan Banjir Award 2020, pasti Sampang juga juara ya gaess. Gimana gak juara, banjir udah 4 kali lalu lalang kayak setrikaan. Capek banget njir kalo kamu datang, bersih-bersihnya susah.

Tapi dari pada kesel karena banjir, alangkah baiknya kalo kita sekarang menikmati banjir ini untuk terakhir kalinya. Kata adalah doa. Yakin saja, bahwa Bupati Sampang dan anak buahnya pasti bisa bereskan masalah banjir di tahun-tahun depan. Sehingga gak ada lagi namanya banjir gaess.

Perhatikan saja, akan banyak hal yang akan kita kangenin kalo Sampang udah gak ada banjir lagi. Apa aja yang bakal kita rindukan dari banjir di Sampang?

Deg-degan takut banjir gede. Hal ini akan kalian rindukan banget. Terutama bagi warga Sampang yang jomblo. Tanpa banjir, warga jomblo gak akan merasakan serunya deg-degan. Soalnya mereka gak pernah nembak atau diputusin pacar.

Ketakutan banjir kiriman gede dari kawasan utara adalah sesuatu yang paling bisa dikenang. Dulu banget, sebelum ada paketan internet, orang-orang Sampang Kota itu ngeri banget kalo udah dengar kabar bakal banjir. Soalnya, waktu itu gak ada info yang akurat. Gak kayak sekarang, banjir datang udah ketahuan lewat grup-grup WA Pemantau Banjir.

Berenang dan main air banjir pun akan dirindukan nanti. Kita tahu dong Sampang itu kalo banjir malah jadi hiburan buat mereka yang gak kebanjiran. Savage banget !
Tapi ya emang gitu. Kalo lagi banjir, banyak banget orang main air, berenang, jalan-jalan dan selfi-selfi di lokasi banjir. Buat yang kebanjiran memang kesusahan, tapi lama-lama mereka bisa menikmatinya.

Yang bakal dirindukan lagi adalah makan nasi gratisan dari dapur umum atau sodara yang peduli korban banjir. Sumpah, kalo lagi banjir itu makanan apapun enak gaess. Tata tahu banget rasanya makan enak saat banjir meskipun lauknya cuman mie goreng kurang aer dan telor dadar seiris. Soalnya laper dan dingin, jadinya gampang laper.

Banjir juga mendatangkan rindu pada mati lampu. Pemadaman listrik oleh PLN saat banjir untuk mengantisipasi terjadinya korsleting yang berbahaya. Kalau pas mati lampu, serunya di batre hape yang habis dan akhirnya bisa ngobrol dengan sesama korban banjir. Itu bisa mengobati sikap antisosial kita gara-gara hape yang selama ini menjauhkan si dekat dan mendekatkan si jauh.

Abis mati lampu, kita juga pasti akan rindu pada tenangnya suasana saat malam banjir. Hening banget, orang pada tidur kecapean. Yang bersuara hanya air mengalir untuk meninggi atau kembali ke sungai lalu ke laut. Itu adalah waktu yang pas banget untuk merenung dan kalo ngantuk langsung bobok syantik. Keesokan harinya, orang-orang akan terjaga dengan kondisi banjir sudah surut, tapi juga kadang makin tinggi.

Perjuangan membersihkan sisa-sisa banjir ketika sudah surut juga akan kalian rindukan. Kalau tidak ada lagi banjir, gak akan ada lagi upacara angkat-angkat kasur, kursi, kulkas, meja, tivi dan lainnya supaya gak kerendem banjir. Begitu juga upacara menurunkan barang-barang itu kalo banjir udah surut. Di situ orang-orang terlihat gotong royong ya, persatuan dan kesatuannya dalam keluarga dan warga.

Oiya, Sampang adalah salah satu kabupaten yang melahirkan banyak relawan. Ya itu karena Sampang sering banjir, maka lahirlah banyak relawan yang suka membantu secara tulus korban banjir. Mereka adalah anak-anak keren gaess. Gak minta upah apa-apa dalam membantu korban banjir, baik itu nganterin makanan, evakuasi dan kalo pas ada kejadian ‘mereka bantu banget.

Kalo gak ada banjir lagi, para relawan itu pasti merindukan situasi kayak sekarang ini. Kebiasaan menolong orang saat banjir pasti mereka kangenin banget.

Ada lagi nanti yang bakal bikin kalian rindu kalo Sampang udah gak banjir lagi. Yaitu, berseliwerannya pejabat pemerintah atau anggota dewan blusukan. Memberi semangat pada korban banjir dan minta mereka sabar sambil jaga kesehatan. Ya pokoknya gitu-gitu deh. Dan warga biasanya seneng banget didatangi orang pemerintahan karena merasa diperhatikan.

Makanya gaess, nikmatilah banjir sekarang ini. Sambil berdoa semoga di tahun-tahun mendatang Sampang bukan juara banjir lagi. (mm)

Foto source: ig@infomdr,

0/5 (0 Reviews)