tutup
Berita

Hari Ini, Pesawat Jemaah Haji Asal Bangkalan Terbang Menuju Arab Saudi

×

Hari Ini, Pesawat Jemaah Haji Asal Bangkalan Terbang Menuju Arab Saudi

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Jemaah Haji Asal Bangkalan Saat Naik Menuju Pesawat Di Bandara Juanda.
Salah satu jemaah Haji asal Bangkalan saat naik menuju pesawat di Bandara Juanda.

SURABAYA – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bangkalan mulai melakukan penerbangan menggunakan pesawat Boeing dari Bandara Udara Internasional Juanda, Rabu, (24/05/23).

Penerbangan calon jsmaah haji dari Bangkalan ini dijadwalkan pada pukul 11.15 WIB sebagaimana dilansir suarasurabaya, para jamaah tiba di Bandara Juanda tadi pagi pukul 08.30 WIB.

Img 20240213 Wa0002 Hari Ini, Pesawat Jemaah Haji Asal Bangkalan Terbang Menuju Arab Saudi

Sekedar diketahui, Jemaah haji kloter pertama berjumlah 445 orang dengan 11 bus. Pihak bandara juga menyiapkan sejumlah kursi roda untuk jemaah lansia.

Pantauan dilokasi, petugas CJH membantu jemaah turun dari bus dan memakai kursi roda. Supaya jemaah lansia bisa masuk ke dalam pesawat dengan kursi roda, pihak bandara telah menyiapkan fasilitas khusus agar jemaah lansia tidak kesusahan.

“Tadi dari bus sudah kita siapkan kursi roda dan untuk naik ke pesawat kami siapkan passengger lift,” ujar Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda.

Untuk angkutan penerbangan menuju Arab Saudi, jemaah menumpangi pesawat berbadan lebar Boeing 747 seri 400 dengan kapsitas 450 penumpang yang dioperasikan Saudi Arabia Airlines.

Sebelumnya pihak Bandara Juanda telah melakukan pengerjaan perkerasan landasan pacu supaya bisa dilintasi pesawat Boeing 747 yang berukuran besar.

Sekedar diketahui, hari ini ada tiga kloter yang diberangkatkan. Untuk kloter kedua yang mengangkut jemaah dari Kota Madiun, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya berangkat pukul 11.15 WIB.

Baca juga  Pemkab Bangkalan Salurkan Bansos Kemiskinan Ekstrem, Setiap Penerima Manfaat Dapat Bantuan 1,5 Juta

Lalu kloter tiga terdiri jemaah asal Kabupaten Sampang, Bangkalan, dan Kota Surabaya lepas landas pukul 13.15 WIB. Sedangkan total keberangkatan seluruh jemaah dari semua kloter mencapai 1.335 orang.

Sisyani menjelaskan bahwa untuk kelancaran keberangkatan jemaah haji maka proses pemeriksaan keamanan, kesehatan, dan keimigrasian dilakukan di Asrama Haji Sukolilo.

“Kami menugaskan 18 personil avsec atau SDM keamanan berlisensi dan menempatkan peralatan pemeriksaan keamanan,” pungkasnya. (sam)