tutup
BeritaSains & Tekno

Hati – Hati, Gangguan Atmosfer Picu Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

×

Hati – Hati, Gangguan Atmosfer Picu Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Badai Foto By 123Rf
ilustrasi badai foto by 123rf

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem yang dapat terjadi akibat gangguan atmosfer. Kondisi ini dapat mengakibatkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Saat ini sebagian wilayah Jawa Timur telah memasuki awal musim kemarau, kondisi monsun Australia yang dingin dan kering telah aktif sehingga angin yang bertiup melewati wilayah Jawa Timur cenderung dari arah Timur hingga Tenggara. Namun, sebagian lain wilayah Jawa Timur terpantau masih dalam masa peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau. Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini di wilayah Jawa Timur menunjukkan adanya gangguan MJO dan Gelombang Ekuatorial Rossby.

Img 20240409 Wa0073 Hati - Hati, Gangguan Atmosfer Picu Cuaca Ekstrem Di Jawa Timur

BMKG juga menyatakan bahwa kewaspadaan tinggi ini berlaku Beberapa wilayah di Jawa Timur yang perlu diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (hujan lebat, genangan air, puting beliung. maupun hujan es) pada periode 07-13 Mei 2023 yaitu di wilayah Kab. Bangkalan, Kota Batu, Kota Blitar, Kab. Gresik, Kab. Lamongan, Kab. Sampang, Kota Surabaya, Kab. Tuban, Kab. Tulungagung, Kab. Mojokerto, Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab. Bondowoso, Kab. Jombang, Kab. Kediri, Kab. Lumajang, Kab. Magetan, Kab. Malang, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pacitan, Kab. Pamekasan, Kab. Pasuruan, Kab. Ponorogo, Kab. Probolinggo, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kab. Bojonegoro, Kab. Jember, Kota Madiun, Kab. Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kab. Trenggalek.

Baca juga  Ngalahin Kabupaten Lain, Sampang Juara 2 Pembangunan Daerah

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap dampak potensi bencana hidrometeorologi dan selalu memantau informasi terkini berdasarkan citra radar cuaca WOFI melalui website (www.juanda jatim.bmkg.go.id/radar), dan informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam ke depan yang selalu kami bagikan melalui website (www.juanda.jatim.bmkg.go.idhttp://www.juanda.jatim.bmkg.go.id) dan media sosial (@infobmkgjuanda)