tutup
ght="300">
Berita

Hujan Deras, Puluhan Rumah di Bangkalan Terendam Banjir

×

Hujan Deras, Puluhan Rumah di Bangkalan Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Petugas Bpbd Bangkalan Saat Melakukan Evakuasi Korban Banjir Di Kecamatan Arosbaya.
Petugas BPBD Bangkalan saat melakukan evakuasi korban banjir di Kecamatan Arosbaya.

BANGKALAN – Hujan deras mengguyur kabupaten Bangkalan sejak Senin malam (11/03/2024) hingga Selasa siang ini (12/03/2024) membuat sejumlah kecamatan pun tergenang banjir.

Tak terkecuali, juga terjadi di Kecamatan Arosbaya yang merupakan kecamatan penyangga kota Bangkalan.

Berdasarkan pantauan di lapangan hingga pukul 14.00 WIB, setidaknya di kecamatan Arosbaya ada 4 desa yang terendam banjir yakni di Desa Buduran sekitar 700 warga yang terdampak, Desa Plakaran 200 warga, Desa Tambegan ada 15 warga, dan Desa Arosbaya mencapai 1100 warga.

Wakapolres Bangkalan Kompol Andi Febrianto Ali yang terjun langsung ke lokasi banjir di kecamatan Arosbaya didampingi oleh Kabag Ops AKP Moch. Rivai, dan Kasat Samapta AKP Buntoro, mengaku personel Polres Bangkalan bersama TNI dan BPBD sedang melakukan evakuasi warga.

“Sampai sore ini, kami bersama Kodim 0829 Bangkalan, dan BPBD melakukan upaya evakuasi secara bertahap di rumah rumah warga yang terdampak banjir. Total sekitar 2000an warga yang kami evakuasi di SPBU Arosbaya,” terangnya.

Saat ini, menurut Wakapolres Bangkalan tersebut lokasi terparah di kecamatan Arosbaya berada di akses jalan menuju kecamatan Geger, yakni di Desa Buduran dengan kedalaman mencapai sekitar betis orang dewasa.

“Untuk sementara akses Arosbaya menuju Geger via Desa Buduran ke timur belum bisa dilewati oleh kendaraan R2 dan R4 karena genangan air yang cukup tinggi,” terangnya.

Baca juga  Pj Bupati Bangkalan Meriahkan Hari Kesehatan Nasional Dengan Menggelar Fun Run Sejauh 8 Kilometer

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang hendak menuju ke arah utara kabupaten Bangkalan untuk mencari alternatif jalan lain.

“Mengingat, banyak titik yang tergenang banjir di sejumlah kecamatan, kami menghimbau masyarakat Bangkalan untuk selalu waspada dan tidak berada di luar rumah jika tidak ada hal hal yang urgent,” pungkasnya. (ang)