tutup
ght="300">
Berita

Ikuti Workshop NUWSP, Bupati – Ketua DPRD Dukung Pengembangan Program Air Minum di Kabupaten Sampang

×

Ikuti Workshop NUWSP, Bupati – Ketua DPRD Dukung Pengembangan Program Air Minum di Kabupaten Sampang

Sebarkan artikel ini
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi Saat Menandatangani Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Hal Pengembangan Program Air Minum.
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menandatangani komitmen Pemerintah Daerah dalam hal pengembangan Program Air Minum.

BALI – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Ketua DPRD Sampang Fadol mendukung pengembangan program air minum untuk masyarakat.

Salah satu dukungannya yakni dengan menghadiri Workshop National Urban Water Supply Project (NUWSP) di The Trans Resort Bali, Kamis (3/8/2023).

Dalam laporannya, Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia John Wempi Wetipo menyebutkan bahwa komitmen penyelenggara pemerintah daerah belum optimal dalam mencapai sambungan air rumah.

“Sehingga capaian sambungan air rumah tidak sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN),” ungkapnya.

Lebih lanjut, John Wempi Wetipo mengatakan berdasarkan data RKPP tahun 2023 yang disampaikan melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), total target penambahan sambungan rumah di seluruh daerah di Indonesia sebesar 1.133.936 sambungan rumah.

Baca juga  Pemkab Sampang Raih Penghargaan IGA Award Predikat Terinovatif

“Sementara itu, akumulasi target daerah masih di bawah target nasional yang tahun 2023 yang menargetkan penambahan 2,5 juta sambungan rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa penandatanganan
komitmen Pemerintah Daerah dalam pengembangan program air minum di perkotaan akan dilaksanakan secara serius.

Pihaknya menyambut baik dengan adanya kerjasama Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat dalam pengembangan program air minum perkotaan.

Haji Idi berharap dengan adanya penandatanganan komitmen tersebut, sambungan air minum di Kabupaten Sampang semakin bertambah serta layak dikonsumsi oleh masyarakat.

“Dalam rangka perluasan akses air minum yang layak dan aman, kami juga berharap dukungan dari pemerintah pusat untuk mencapai target sambungan air rumah di perkotaan,” pungkasnya. (red)