tutup
Berita

Intensitas Hujan Tinggi, Kabupaten Pamekasan Siaga Banjir

×

Intensitas Hujan Tinggi, Kabupaten Pamekasan Siaga Banjir

Sebarkan artikel ini
Banjir Yang Menggenangi Rumah Warga Beberapa Waktu Yang Lalu.
Banjir yang menggenangi rumah warga beberapa waktu yang lalu.

Kabupaten Pamekasan ditetapkan status siaga banjir oleh BPBD setempat menyusul tingginya genangan air sungai akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah utara Pamekasan, pada siang hingga Jumat sore.

Analis Muda Kebencanaan BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono menyampaikan bahwa penetapan siaga banjir itu dilakukan, karena ketinggian genangan air di sejumlah dam pemantau banjir telah melebihi ambang batas maksimal.

Img 20240213 Wa0002 Intensitas Hujan Tinggi, Kabupaten Pamekasan Siaga Banjir

“Yang menjadi titik pantau banjir luapan sungai untuk Kota Pamekasan di lima dam yang ada di Pamekasan,” ungkapnya, Jum’at (24/3/2023) malam.

Ia menuturkan, hingga pukul 18.23 WIB, ketinggian genangan di Dam Samiran telah mencapai 130 Cm, Dam Klampar 70 Cm. Dam Blumbungan 60 Cm dan Dam Bulay 10 Cm.

Selain itu, aliran air di sejumlah sungai yang melalui Kota Pamekasan, seperti Sungai Samiran, Sungai Kelisemajid, Sinhaji, dan genangan air Jembatan Gurem serta jembatan Patemon terpantau semakin tinggi.

“Karena itu, kami langsung menetapkan status siaga dan menerjunkan petugas dari BPBD Pemkab Pamekasan dan relawan penanggulangan bencana untuk melakukan pemantauan ke sejumlah sungai yang ada di Pamekasan ini,” ujarnya.

Selain melakukan pemantauan, BPBD Pemkab Pamekasan juga menyampaikan sosialisasi secara langsung kepada warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan.

Sementara itu, bencana alam berupa banjir kerap terjadi di Kabupaten Pamekasan selain angin kencang dan tanah longsor. (wan)

Baca juga  Didesak Ormas, Hotel Front One Pamekasan Ditutup