tutup
BeritaNasional

Jokowi Lantik Menpora Baru, Berikut Profil Dito Ariotedjo

×

Jokowi Lantik Menpora Baru, Berikut Profil Dito Ariotedjo

Sebarkan artikel ini
Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo

JAKARTA – Presiden Jokowi resmi melantik Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali, Senin (3/4/2023).

Upacara pelantikan Dito oleh Presiden Jokowi berlangsung di Istana Negara, Jakarta dan kesempatan yang sama juga dilantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Img 20240409 Wa0073 Jokowi Lantik Menpora Baru, Berikut Profil Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo, selama ini ia dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022.

Terpilihnya Dito Ariotedjo menjadikannya sebagai menteri termuda di Kabinet Jokowi.

Dito merupakan politisi muda dari Partai Golkar yang bergabung dengan partai tersebut sejak tahun 2016.

Dia diketahui pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan juga sempat mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Di bidang olahraga, Dito tercatat sebagai anggota Dewan Penasehat PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Selain itu Dito juga pernah menjadi Ketua Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahun 2018, Dito dipercaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Sosoknya juga dikenal dekat dengan Raffi Ahmad dan Rudy Salim dengan membentuk Rans Sport dan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepakbola yang berbasis di Jakarta dan Chairman RANS PIK Basketball. (red)

Baca juga  Stok Gabah Minim, Harga Beras di Kabupaten Sampang Meroket