tutup
BeritaNasional

Jokowi Minta Buka Puasa Bersama di Kalangan Pejabat Pemerintah Ditiadakan

×

Jokowi Minta Buka Puasa Bersama di Kalangan Pejabat Pemerintah Ditiadakan

Sebarkan artikel ini
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta agar kegiatan buka puasa bersama selama Ramadan 1444 H ditiadakan untuk kalangan pejabat hingga pegawai pemerintah.

Arahan ini tertuang dalam surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 perihal arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama.

Img 20240409 Wa0073 Jokowi Minta Buka Puasa Bersama Di Kalangan Pejabat Pemerintah Ditiadakan

Surat tersebut ditujukan kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan kepala badan/lembaga.

Dalam surat yang terbit pada 21 Maret 2023 ini, ada tiga poin arahan Presiden Joko Widodo mengenai buka puasa bersama bagi pejabat dan aparatur sipil negara (ASN).

Pertama, penanganan Covid-19 saat ini dalam transisi dari pandemi menuju endemi sehingga masih diperlukan kehati-hatian.

Kedua, sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan buka puasa bersama pada bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah agar ditiadakan.

Ketiga, Menteri Dalam Negeri agar menindaklanjuti arahan tersebut kepada para gubernur, bupati, dan wali kota.

Surat itu meminta agar para menteri, kepala instansi, kepala lembaga, serta kepala daerah mematuhi arahan Presiden tersebut dan meneruskan kepada semua pegawai di instansi masing-masing.

Merespons arahan tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan saat dikonfirmasi, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan surat edaran (SE) sebagai tindak lanjut.

“Kami akan segera tindak lanjut dengan SE kepada gubernur, bupati, dan wali kota. Saat ini sedang proses, setelah selesai segera dikirim ke daerah,” ucapnya.

Baca juga  Peluang Jokowi Merebut Suara Prabowo di Madura

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H atau awal puasa Ramadan 2023 jatuh pada Kamis (23/3/2023) hari ini. (hsn)