Connect with us

Taberita.com

Kebakaran Perpustakaan SDN Gunung Sekar 6, Ini Penjelasan Disdik Sampang

Images 4

Berita

Kebakaran Perpustakaan SDN Gunung Sekar 6, Ini Penjelasan Disdik Sampang

SAMPANG – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Jupri Riyadi melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Ach Mawardi mengungkapkan, berdasarkan laporan tim yang diterjunkan ke lokasi, sebanyak 150 eksemplar koleksi buku yang hangus terbakar dari total 600 eksemplar koleksi buku yang ada.

Sementara ratusan koleksi buku lainnya basah akibat terkena air saat proses pemadaman yang dilakukan pihak pemadam kebakaran. Oleh karenanya, pihaknya memerintahkan pihak sekolah untuk melakukan pengadaan koleksi buku tersebut melalui anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Setelah ditaksir akibat kebakaran itu, buku yang hangus terbakar kurang lebih 150 koleksi buku. Sedangkan sisanya hanya basah dan masih bisa dijemur untuk dimanfaatkan kembali,” ucapnya, Selasa (11/12).

Dari 13 item penggunaan dana BOS, lanjut dia, lima persen dana bos bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut. Dan tentunya akan dilihat koleksi buku mana yang perlu dibantu pada tahun anggaran 2019.

Sedangkan untuk kerusakan fisik gedung, Wawang sapaan akrabnya, menaksirkan biaya perbaikan kerusakan sebagian sarana yaitu kurang lebih Rp 5 juta. Taksiran biaya tersebut meliputi perbaikan asbes yang rusak karena basah saat proses pemadaman api, sebagian kaca yang pecah, pengecetan serta dua rak buku.

“Setelah tim melakukan penghitungan, ternyata bisa diperbaiki memakai dana BOS pada pencairan 2019 mendatang. Karena setelah dilihat, kayu plafonnya masih bagus dan hanya membeli asbesnya, untuk rak buku juga demikian,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tembok yang hitam, Wawang berujar, pihaknya memerintahkan pihak sekolah agar dibersihkan dan dicat ulang pada waktu libur pada Senin mendatang sehingga bisa digunakan saat aktif sekolah usai liburan.

“Kalkulasi kami, biaya itu cukup didanai memakai dana bos yaitu diperkirakan habis hingga Rp 6 juta. Dan itu boleh dianggarkan menggunakan dana BOS,” tegasnya.

Seperti diketahui, Senin (10/12) kemarin, terjadi kebakaran yang menghanguskan ratusan koleksi buku di SDN Gunung Sekar 6, yang beralamat di Jalan Manggis, Kelurahan Gunung Sekar Kecamatan Sampang. (Aw)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait : Berita

Advertisement

Populer

Advertisement

#hastag Populer

Advertisement

Populer

Advertisement
To Top