tutup
ght="300">
Berita

Ketersediaan Terbatas, Disperta KP Sampang Ajukan Tambahan Vaksin LSD ke Pemprov Jatim

×

Ketersediaan Terbatas, Disperta KP Sampang Ajukan Tambahan Vaksin LSD ke Pemprov Jatim

Sebarkan artikel ini
Kepala Disperta Kp Sampang Ir. Suyono.
Kepala Disperta KP Sampang Ir. Suyono.

SAMPANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) mengajukan bantuan vaksin Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang menyerang sapi sapi milik warga ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

“Pengajuan bantuan vaksin sebagai tindak lanjut setelah virus LSD sudah menyerang sapi milik warga di Sampang. Hingga saat ini pihaknya telah menerima laporan dari warga sebanyak 36 kasus, dan 30 diantaranya dinyatakan sembuh,” ungkap Kepala Disperta KP Sampang Suyono, Selasa (05/3/2024).

Ia mengimbau para peternak agar tidak terlalu cemas dalam menyikapi kasus LSD ini karena, penyakit ini masih bisa disembuhkan.

“Para peternak jangan resah dan takut akan adanya penyakit ini, karena bisa di sembuhkan. Peternak juga bisa melaporkan kejadian ini jika sapinya terkena penyakit LSD, dan petugas bisa langsung mendatangi lokasi dan memberikan vitamin serta di vaksinasi,” katanya. 

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperta KP Sampang Arif Rahman Hakim menyampaikan, ketersediaan vaksin LSD masih terbatas sebab Pemprov Jawa Timur membatasi jumlah vaksin yang diajukan. 

“Dari total pengajuan vaksin sebanyak sepuluh ribu, yang disetujui hanya sejumlah lima ribu, kami masih berupaya untuk mengajukan tambahan vaksin dengan maksud agar pemberian vaksin bisa merata,” pungkasnya. (red)

Baca juga  Berantas Jual Beli Kios Pasar, Ini Saran Kejari Ke Diperdagrin