tutup
BeritaKesehatan

Komitmen Dukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kabupaten Sampang Raih Penghargaan UHC Tingkat Nasional

×

Komitmen Dukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kabupaten Sampang Raih Penghargaan UHC Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi Saat Menerima Penghargaan Uhc Award. (Foto : Prokopim Pemkab)
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menerima penghargaan UHC Award. (Foto : Prokopim Pemkab)

Sampang, 23 Februari 2023 – Kabupaten Sampang berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) pada ajang bergengsi tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan kerja keras pemerintah daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan bertajuk “Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia,” diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruf Amin melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan disaksikan oleh Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Img 20240213 Wa0002 Komitmen Dukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn), Kabupaten Sampang Raih Penghargaan Uhc Tingkat Nasional

Dalam sambutannya, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyatakan bahwa pencapaian penghargaan ini tidak lepas dari kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah daerah, tenaga kesehatan, dan  BPJS Kesehatan untuk mengintegrasikan Jamkesda dalam program JKN. “Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini dan kami berterima kasih kepada semua pihak, dan capaian ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi agar Kabupaten Sampang bisa terus menorehkan prestasinya.,” ujarnya.

Program JKN di Kabupaten Sampang telah memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, terutama dalam hal pembiayaan kesehatan. Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu khawatir akan biaya pengobatan yang tinggi karena sudah terjamin oleh Universal Health Coverage (UHC). Hal ini tentunya memberikan kepastian dan rasa aman bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

Baca juga  519 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sampang Diberangkatkan Tahun Ini

Penghargaan tersebut diberikan juga kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Sampang. sebagai bentuk penghargaan atas upaya optimalisasi penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin mengapresiasi komitmen Pemerintah Daerah khususnya dalam menjalankan intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam menjalankan Program Universal Health Coverage (UHC), Pemerintah Kabupaten Sampang telah mengambil berbagai inisiatif dan terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Beberapa inisiatif tersebut antara lain pembangunan puskesmas yang modern dan lengkap dengan fasilitas medis yang memadai, peningkatan kualitas SDM tenaga kesehatan, serta penguatan sistem informasi kesehatan.

Prestasi Kabupaten Sampang dalam mendukung Program JKN ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memperkuat sistem jaminan kesehatan. Kita semua berharap bahwa kedepannya, masyarakat dapat terus menikmati manfaat dari program JKN yang semakin berkualitas dan memadai.

Dengan komitmen dan kerja keras yang terus dilakukan, Kabupaten Sampang yakin dapat terus memperbaiki dan memperkuat layanan kesehatan di wilayahnya, sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat dan sejahtera.