tutup
ght="300">
Berita

KPU Sampang Gelar Simulasi Pemungutan Suara

×

KPU Sampang Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Sebarkan artikel ini
Suasana Saat Berlangsungnya Simulasi Pemungutan Suara.
Suasana saat berlangsungnya simulasi pemungutan suara.

SAMPANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sampang melakukan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2024 di Alun-Alun Trunojoyo, Rabu (27/12/2023).

KPU mengambil sampel 100 orang pemilih yang terdaftar di daftar pemilih retap (DPT) di salah satu TPS di wilayah Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Kota Sampang.

Pada simulasi kali ini, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menggunakan pakaian adat Madura.

Ketua KPU Sampang Addy Imansyah mengatakan simulasi dilakukan untuk mengedukasi semua pihak termasuk panitia penyelenggara agar paham terkait tata cara pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

“Ini juga kami lakukan dalam rangka penguatan kapasitas SDM untuk memastikan proses pemungutan penghitungan dan rekapitulasi sesuai regulasi yang ada,” ujarnya.

Baca juga  KPU Sampang Optimis DPT 2019 Semakin Berkualitas

Selain itu, simulasi sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 14 Februarigelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024

“Hal ini bertujuan untuk penguatan kapasitas SDM penyelenggara pemilu tingkat kecamatan hingga desa, sekaligus ingin menyosialisasikan kepada pemilih untuk teknis pemungutan dan penghitungan suara,” ucap Addy Imansyah.

Sebagai persiapan pelaksanaan pemungutan suara, KPU terus memantau dan melakukan pemantapan guna menciptakan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang semakin berkualitas.

“Termasuk nanti pemantapan pada saat pelantikan kelompok penyelenggara pemungutan euara (KPPS) pada 25 Januari 2023,” ujarnya.

Selain itu, Addy menyampaikan sejumlah hal yang perlu dicermati saat pelaksanaan pemilu, seperti siapa saja pemilih tetap, pindahan, dan khusus dalam proses pemungutan suara.

Baca juga  Kecepatan Jaringan Internet Desa di Kabupaten Sampang Lemot

“Mudah-mudahan partisipasi pemilih pada 14 Februari lebih meningkat,” harapnya. (red)