SAMPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang Sosialisasikan pemilu 2019 kepada penyandang disabilitas, Kamis (13/12). Kegiatan ini berkerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sampang dan paguyuban penyandang disabilitas.

Bertempat di balai latihan kerja (BLK) jalan Syamsul Arifin Sampang, acara yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB tersebut diikuti oleh 100 peserta. Sementara dua orang narasumber terdiri dari komisioner KPU Sampang, yakni Miftahur Rozaq, dan seorang psikolog dari Dinas Sosial Sampang, yakni Hoirul Anwaruddin.

Miftahur Rozaq, divisi SDM dan Partisipasi masyarakat (Parmas) KPU Sampang mengatakan, selain menyampaikan sosialisasi pemilu 2019 kepada peserta, acara itu juga merupakan pendidikan pemilih bagi pemilih Disabilitas.

“Acara ini menjadi menjadi bukti komitmen KPU guna menyukseskan gelaran pemilu pada 17 April 2019 mendatang,” ucapnya, Kamis (13/12).

Kepada taberita.com, Rozaq menyampaikan, pada kegiatan itu pihaknya menyampaikan materi tentang tahapan pemilu 2019, desain surat suara dan kriteria pemilih cerdas. Hal itu ujar pria asal Torjun ini sangat penting, mengingat para penyandang disabilitas juga memiliki hak memilih pada pemilu 2019 nanti.

Menurut dia, para penyandang disabilitas juga berhak mengetahui proses awal tahapan pemilu 2019 mulai dari tentang sistem pemilu, tahapan, siapa calonnya, dan sosialisasi serta kampanye.

“Jangan sampai sudah disabilitas dalam fisik, kemudian disabilitas juga dalam pemahaman itu akibat kurangnya sosialisasi,” lanjut dia.

Bahkan lanjut Rozaq, beberapa peserta memberikan masukan kepada KPU Sampang terkait TPS yang betul-betul aksestable bagi penyandang disabilitas.

“Beberapa masukan yang disampaikan peserta ungkap Rozaq sangat positif bagi KPU guna menyukseskan pemilihan umum DPR, DPD, DPRD dan presiden – wakil presiden 2019,” singkatnya. (AW)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)
No more articles