Kurangi Sampah Plastik Dinas Kesehatan Sampang Mulai Pake Tumbler

41
Dinas kesehatan sampang
Tempat minum kayak gini sudah mulai bajyak dipakai di Sampang. (Gambar elevania.com)

SAMPANG – Ada pemandangan gak biasa di acara Dinas Kesehatan Sampang, Senin 29 April 2019. Yaitu banyaknya tumbler alias tempat minum yang bisa dipake berkali-kali di meja-meja tamu dan undangan yang hadir.

Yes, Dinas Kesehatan Sampang tampaknya lagi ngasih contoh dan teladan pengurangan wadah plastik sekali pake nih gaess.. Dengan cara, memberikan wadah minum yang bisa dipake berulang-ulang itu.

Dinas Kesehatan Sampang
Acara Dinas Kesehatan Sampang yang dilakasanakn Senin 29 April 2019, keluhatan banyak tumbler kan gaess.. (Foto Forum Sampang Sehat)

Udah dua kali ini Dinas Kesehatan Sampang kelihatan bikin acara dengan tumbler. Pertama kali Taberita.com lihat waktu ngadain acara di GOR Wijaya Kusuma pekan lalu bertajuk “Pemeriksaan Kebugaran Masyarakat”. Di acara itu peserta diminta bawa tempat minum, panitia menyediakan air isi ulangnya. Pas di acaranya, panitia memberikan hadiah tumbler pada peserta.

Kasi Kesling dan Kerjaor Dinas Kesehatan Sampang bilang, penggunaan tumbler memang sedang digalakkan di dinas kesehatan. “Sekecil apapun kita sudah harus berbuat untuk lingkungan,” ujarnya.

Soal penggunaan tumbler itu, Ketua Forum Sampang Sehat, Nur Rahmad Ahirullah juga ngaku bangga banget pada Dinas Kesehatan Sampang. “Alhamdulillah dinas kesehatan udah ngasih contoh yang baik. Saya seneng banget lihat banyak tumbler di acara dinas kesehatan,” kata pria yang akrab disapa Yoyonk itu.

Kebenaran ulan, sambungnya, acara Senin 29 April itu berkaitan dengan pengurangan stunting di Sampang dengan pemberian tablet tambah darah. “Hasil penelitian kementerian kesehatan mengungkapkan salah satu penyebab stunting adalah banyaknya unsur mikro plastik dalam makanan yang dikonsumsi manusia. Jadi langkah dinas kesehatan sudah benar mengurangi penggunaan plastik sekali pakai,” terangnya.

Yoyonk berharap ke depan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bisa menindaklanjuti apa yang dilakukan dinas kesehatan itu. “Kami melalui FSS juga akan mendorong Bapak Bupati Sampang mengeluarkan edaran tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Misalnya mengintruksikan semua pegawai di lingkungan Pemerintahan Sampang wajib bawa tumbler.” (ano)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)