tutup
Berita

Ledakan Mortir Hanguskan 5 Rumah di Kamal Bangkalan, Satu Orang Tewas

×

Ledakan Mortir Hanguskan 5 Rumah di Kamal Bangkalan, Satu Orang Tewas

Sebarkan artikel ini
Kondisi Salah Satu Rumah Warga Usai Mengalami Ledakan Mortir.
Kondisi salah satu rumah warga usai mengalami ledakan mortir.

BANGKALAN – Sebuah ledakan hebat yang diduga diakibatkan amunisi aktif meledak menghebohkan warga Kecamatan Kamal sekitar pukul 08:10 WIB di Jalan Raya Kamal, Jumat, (29/12/2023).

Menurut keterangan salah satu warga setempat, ledakan tersebut terjadi di sebuah gudang semi permanen di sebelah barat Jalan Raya Kamal dan gudang itu memang dijadikan bengkel besi tua atau pengepul batang rongsokan.

Img 20240213 Wa0002 Ledakan Mortir Hanguskan 5 Rumah Di Kamal Bangkalan, Satu Orang Tewas

“Akibat ledakan tersebut 1 orang tewas dan 5 orang mengalami luka-luka. Kabarnya ledakan itu berasal dari mortir yang disimpan di gudang semi permanen yang dijadikan bengkel besi tua atau tempat barang rongsokan milik Hori pengepul besi tua atau barang rongsokan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan Aguz Zaen menjelaskan bahwa hasil laporan dari tim kepolisian dan BPBD Bangkalan yang ada di lapangan mengabarkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.10 WIB.

“Awalnya terlihat asap hitam yang bersumber dari gudang semi permanen Besi tua atau barang barang loak milik Hori, selanjutnya pada Pukul 08.20 WIB terjadi bunyi ledakan sebanyak 3 kali di lokasi dengan selisih 3 hingga 5 detik,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa puku 08.30 WIB Personel Koramil 0829/03 Kamal dan Polsek Kamal tiba di lokasi ledakan untuk melakukan pengamanan lokasi.

“Pada Pukul 08.40 WIB, ambulans Puskesmas Kamal tiba lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban
Ke Puskesmas setempat,” tambahnya.

Baca juga  Diterpa Isu Penggelapan Dana, Jajaran Pejabat Bank Mandiri Bangkalan Temui Nasabah

Sementara itu, kemudian Pukul 09.00 WIB 3 unit Tim Damkar Kabupaten Bangkalan tiba Di Lokasi disusul 2 unit damkar TNI AL untuk melakukan pemadaman.

Agus juga menjelaskan para identitas korban ledakan amunisi aktif tersebut. Ke-6 korban ledakan gudang besi tua itu antara lain Gugus (55) warga kampung Bedak
Timur Desa Banyuajuh meninggal di Puskesmas Kamal kemudian Suryanto, (46) warga desa Banyuajuh mengalami luka berat di rawat di puskesmas Kamal, Riska, (17) warga Perum Cendana putri Aiptu Joni Polairud mengalami luka berat dan di rujuk RSUD Syamrabu Bangkalan.

Korban lainnya Ika (35) warga Kampung Baru Desa Kamal mengalami luka ringan dan dirawat di puskesmas Kamal, Siti Hamamah, (46) warga Kampung Baru Desa Kamal mengalami luka ringan dan Istri Aiptu Joni di rujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan mengalami luka dan sesak nafas.

“Selain korban jiwa, ledakan gudang besi tua itu juga menyebabkan 5 rumah Warga rusak berat dan ampai saat ini di tempat Kejadian Perkara (TKP) tengah dilakukan pengamanan dan penanganan kasus tersebut ditangani oleh Unit Jibom Den Gegana SatBrimob Polda Jatim,” pungkasnya. (ang)