tutup
Berita

Mahasiswa UTM bersama Warga Bersihkan Sampah di Pelabuhan Timur Kamal

×

Mahasiswa UTM bersama Warga Bersihkan Sampah di Pelabuhan Timur Kamal

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Utm Bersama Element Masyarakat Saat Melakukan Bersih Bersih Sampah Di Pelabuhan Timur Kamal.
Mahasiswa UTM bersama element masyarakat saat melakukan bersih bersih sampah di Pelabuhan Timur Kamal.

BANGKALAN – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tronojoyo Madura (UTM) bekerjasama dengan Komunitas Inisiatif Bangkalan dengan mengadakan kegiatan Kamal Beach Light Up, Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan bersih-bersih Sampah ini juga melibatkan seluruh element organisasi kepemudaan dan Perangkat Desa Kamal, Dinas Lingkungan Hidup Bangkalan dan masyarakat sekitar Pelabuban Penyebarangan Timur Kamal.

Img 20240213 Wa0002 Mahasiswa Utm Bersama Warga Bersihkan Sampah Di Pelabuhan Timur Kamal

Ketua BEM KM UTM Roby Muhammad Mengatakan, Aksi nyata dalam menciptakan Destinasi Wisata Bebas Sampah di Pelabuhan Timur Kamal adalah bentuk pengabdian mahasiswa untuk menciptakan lingkungan bersih.

” Jadi kita pilih pelabuhan Timur Kamal itu sebagai tempat pengabdian mahasiswa yang tergabung dalam BEM UTM,” ujarnya.

Karena pelabuhan Timur itu berada di Desa Kamal, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Kamal.

“Alhamdulillah Kepala Desa Kamal mensuport kegiatan kami karena sudah dianggap sejalan dengan pemikiran Kepala Desa,” terangnya.

Selain melakukan kegiatan bersih-bersih, menurutnya, BEM UTM juga akan meninggalkan karya seperti pemasangan lampu di dermaga pelabuhan timur dan pemasangan spot foto.

Ia juga mengatakan, kegiatan bersih bersih sampah memang memiliki tujuan untuk mengurangi tumpukan sampah di Pelabuhan Timur.

“Kami berharap di Pelabuhan Timur ketika malam hari tidak gelap kembali. Setelah nanti dipasangkan lampu. Kita mengadakan aksi sosial ini juga melibatkan berbagai element organisasi. Salah satunya inisiatif Bangkalan,” tuturnya.

Rektor UTM, Dr. Safi’ mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi oleh BEM KM UTM itu. Bersih-bersih pantai sebagai wujud kepedulian mahasiwa pada kebersihan, dan kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga  Polisi Buru Pelaku Pembacokan Tiga Warga di Bangkalan

“Semoga kegiatan itu menjadi inspirasi bagi masyarakat, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Li gkungan Hidup Bangkalan, Anang Yulianto menilai kegiatan itu merupakan kegiatan yang positif. Kata dia, output dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk peduli pada lingkungan.

“Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat untuk ikut serta mencegah, membuang sampah sembarangan,” ucap anang.

“Kami sampaikan terima kasih BEM UTM, Komunitas Inisiatif Bangkalan, perangkat Desa Kamal telah berkolaborasi membantu membersihkan sampah dan kedepan menjaga lingkungan agar lebih asri” imbuhnya

Kegiatan bersih bersih sampah menurutnya akan digelar selama kurang lebih dua hari.
Hari pertama sudah ada tiga truck sampah yang dibuang ke TPA Ombul. Total sekitar 12 ton sampah sudah di angkut ke TPA Ombul Arosbaya. (ang)