tutup
Berita

Mahasiswa UTM Torehkan Prestasi Dalam Ajang MTQ se Indonesia

×

Mahasiswa UTM Torehkan Prestasi Dalam Ajang MTQ se Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kafilah Utm Usai Memperoleh Prestasi Mtq Mahasiswa Di Malang.
Kafilah UTM usai memperoleh prestasi MTQ mahasiswa di Malang.

BANGKALAN – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sukses meraih prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional 2023 di Universitas Brawijaya Malang, Sabtu, (11/11/23).

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UTM Surokim Abdus Salam menyampaikan bahwa Kafilah yang didelegasikan dalam ajang MTQ Mahasiswa tersebut mampu meraih prestasi dengan baik.

Img 20240409 Wa0073 Mahasiswa Utm Torehkan Prestasi Dalam Ajang Mtq Se Indonesia

“Alhamdulillah untuk pertama kali dalam sejarah keikutsertaan UTM dalam ajang MTQ MN kafilah UTM bisa tembus dan masuk final serta mendapatkan juara,” ujarnya.

MTQ MN ke-17 ini menurutnya, diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang sejak Sabtu (4/11/2023) hingga Kamis (9/11/2023) kemarin.

“Kegiatan ini dikuti tidak kurang kafilah dari 213 Perguruan Tinggi, berasal dari seluruh Indonesia dengan mempertandingkan 11 cabang lomba MTQ,” terangnya.

Kompetisi ini diikuti 1330 peserta pa, 1331 peserta, jumlah peserta masing-masing lomba antara 200 hingga 300 mahasiswa. Kompetisi yang ketat karena hanyan diambil 6 finalis terbaik.

“Untuk kali ini UTM pecah telor bisa meraih hasil terbaik sepanjang keikutsertaan diajang ini dengan masuk final di 3 kategori. Dan capaian ini menurut saya layak disyukuri dan cukup membanggakan. Karena Prestasi terbaik sepanjang keikutsertaan kami dalam MTQMN. Apalagi kafilah kami juga terbatas dan sebagian besar mhs yg masih disemester2 awal,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, Prestasi ini layak disyukuri untuk memperkuat isian prestasi mahasiswa di simkatmawa. Tujuannya untuk menguatkan pemeringkatan kelas PT secara nasional. Apalagi kafilah UTM bisa masuk di kategori lomba yang bergensi dan mendapat juara di debat bahasa arab kandungan isi alquran.

Baca juga  BMKG: Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

“Semoga prestasi ini menginspirasi dan membanggakan dan layak diapresiasi. Kami menyampaikan Selamat Atas Prestasi Kafilah Universitas Trunojoyo Madura, Pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 Yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” pungkasnya.

Beriku prestasi Kafilah Universitas Trunojoyo Madura, pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 di Universitas Brawijaya Malang.

  1. Juara Harapan III, Cabang MHQ 20 Juz Putri
  2. Juara Harapan III, Cabang MHQ 30 Juz Putri
  3. Juara II, Cabang Debat Bahasa Arab Al-Qur’an