tutup
Berita

Makam Bayi di Sumenep Dibongkar OTK, Kepala Dipenggal dan Dibuang

×

Makam Bayi di Sumenep Dibongkar OTK, Kepala Dipenggal dan Dibuang

Sebarkan artikel ini
Kondisi Makam Yang Dibongkar Orang Tak Dikenal.
Kondisi makam yang dibongkar orang tak dikenal.

SUMENEP – Kejadian pembongkaran makam bayi menggemparkan warga. Desa Galis Barat, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep

Pembongkaran tersebut diduga dilakukan orang tak dikenal di pemakaman Desa Galis Barat, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep.

Img 20240409 Wa0073 Makam Bayi Di Sumenep Dibongkar Otk, Kepala Dipenggal Dan Dibuang

Pelaku diduga memotong bagian tubuh bayi tersebut lalu menyimpannya ke dalam ember dan membuangnya ke sebuah tegalan yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi permakaman.

“Jarak makam bayi dengan lokasi penemuan bagian tubuh sekitar 500 meter,” kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Jumat (30/6/2023).

Widiarti menjelaskan, kasus pembongkaran makan hingga penemuan bagian tubuh bayi tersebut bermula saat saksi bernama Abu Bakar dan Adi Syahid hendak melakukan ziarah kubur ke makan anaknya di Permakaman Umum Desa Galis, Kamis (29/6/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

Saat tiba di lokasi, keduanya melihat makam yang akan diziarahi dalam keadaan terbongkar dan jenazah di dalamnya telah hilang.

Keduanya kemudian melapor ke perangkat Desa Galis dan diteruskan ke aparat kepolisian.

Selanjutnya, sekitar pukul 19.00 WIB, saksi lain bernama Misadin melapor ke kepala desa bahwa telah menemukan sebuah ember warna putih di tegalan dan dekat pohon bambu saat hendak mencari pakan sapi. Setelah dicek, ember itu berisi potongan bagian tubuh bayi.

Sekitar pkl 20.30 WIB, pihak Polsek Giligenting melakukan koordinasi dengan tim medis Puskesmas Giligenting dan koramil Giligenting beserta keluarga dari jasad bayi guna melakukan pengecekan lokasi kejadian pembongkaran kuburan dan penemuan kepala bayi.

Baca juga  Berapa Sih Gaji Bupati Sampang yang Dikasih ke Yatim Piatu?

“Saat di cek di makam, keadaan makam bayi tersebut dalam kondisi sudah terbongkar dan jasad bayi sudah tidak ada,” kata Widiarti.

Setelah dilakukan pengecekan, bagian tubuh yang ditemukan tersebut ternyata merupakan bagian tubuh bayi yang hilang. 

Selanjutnya sekitar pukul 23.50 WIB, dilakukan pemakaman kembali di depan rumah teras milik orangtua bayi di Dusun Galis Barat, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. (wan)