tutup
Pijar

Menjaga Marwah Pemuda

×

Menjaga Marwah Pemuda

Sebarkan artikel ini
Img-20180910-Wa0014
IMG-20180910-WA0014

Banyak potensi yang amat menakjubkan yang terdapat pada diri seorang pemuda. Ia adalah aset masa depan, pewaris perjuangan generasi lama, pemilik cita-cita besar lagi panjang. Sekaligus generasi baru yang dijanjikan kebaikannya, tidak hanya di dunia ini namun hingga kelak ke liang fana.

Sungguh betapa agungnya generasi muda, hingga Nabi SAW sendiri memberikan sertifikasi tersendiri untuk pemuda dengan sabdanya, “Ada tujuh golongan yang diberi fasilitas naungan kelak ketika tak lagi ada naungan, kecuali naunganNya.

Img 20240409 Wa0073 Menjaga Marwah Pemuda

Salah satunya adalah pemuda yang senantiasa taat pada Allah SWT”. “Taat” memiliki makna yang cukup melimpah. Tidak hanya berada di Masjid di shaf paling depan, namun bisa berarti berada di garis terdepan membersihkan lingkungan, dan sterusnya.

Dari betapa glamournya kehidupan pemuda, narkoba, free seks, tawuran, dan sebagainya, menyerbu kehidupan pemuda kini, ia tetap senantiasa taat kepada Sang Khaliq, tak tergiur oleh rayuan hidup yang sesaat, tak terpesona oleh life style dan budaya gaul yang buruk. Pemuda yang senantiasa hari-harinya dilalui dengan belajar, mengasah kreatifitas, mengolah bakat, membantu keluarga dan sesama, dan sebagainya. Itulah pemuda sejati, pemuda yang tak nampak hanya sebatas usia dan fisiknya semata.

Nabi Isa As menyeru kaum pemudanya, “Yaa hawariy antum milhu al bilad fakaifa al bilad idza milhu al fasad” (Hai pemuda Hawariy, kalian adala bumbu pelezat Negara [generasi penerus bangsa], bagaimana kondisi Negara jika kalian hancur?!).

Baca juga  Muharram Bulan Istimewa

Gelitik Nabi Isa As tentu juga mengarah kepada kita, menunjuk kita. Bagaimana kondisi negeri ini, jika kita (sebagai generasi muda) hancur dan terperosok ke liang kebodohan? Tentu kita tahu, bahwa generasi hari ini merupakan penerus hari esok (syubbanu al yaum rijalu al ghad).

Ada banyak cara agar kita (sebagai pemuda) tetap menjaga marwahnya, di antaranya adalah, mengisi waktu dengan belajar, mengaji, memanfaatkan medsos (media sosial) ke arah yang positif, dan seterusnya. Kemudian, senantisa mengasah minat dan bakat, seperti olah raga, kesenian, baca buku, dan lain-lain. Tentu juga bersahabat atau bergaul dengan teman yang berbudi luhur, dan lain sebagainya.

Namun, di zaman modern ini dengan arus globalisasi dan westernisasi (kebarat-baratan) yang melanda ini, banyak pemuda-pemuda yang terjebak dalam kubangan hidup yang bejat, mereka terperosok ke dalam budaya yang sangat jauh melenceng dari adat dan budi luhur. Menurut survei, pemuda kita yang terjerat narkoba, miras dan perilaku seks bebas angkanya semakin hari semakin fantastis.

Namun, kita harus optimis, tidak semua pemuda yang bernasib seperti itu. Masih ada banyak pemuda yamg aktif, pemuda yang mampu menangkis deru busuk yang menyerbu. Mereka senantiasa hidup dalam damainya takwa dan keimanan yang rindang. Teramat banyak pemuda yang menoreh prestasi dalam dunia akademisnya.

Mereka pelopor perubahan (agent of change), sang inovator peradaban, mereka seperti gambaran dalam kalimat, “Himmatu al rijal tahdimu al jibal” (keinginan seorang pemuda mampu merobohkan gunung).

Baca juga  Ngumbah Keris Ala Kyai Jonggol

 

*Oleh: Holikin

*)Penulis adalah Guru UPTD SDN Pulau Mandangin 6 dan Alumni Ponpes Hidayatus-Salafiyah Pramian Sreseh Sampang.