PAMEKASAN – Masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa bencana alam yang berpotensi terjadi di daerahnya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menyebutkan, ada tiga bencana alam yang perlu diwaspadai pada saat pancaroba seperti sekarang ini yaitu angin kencang, angin puting beliung dan longsor.

Budi mengungkapkan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, BPBD Pamekasan telah memetakan beberapa kecamatan yang berpotensi terkena puting beliung dan longsor diantaranya Kecamatan Pademawu, Waru, Pegantenan, Pasean, Kadur dan Batu Marmar.

“Kami sudah memberikan sosialiasi dan arahan kepada pemangku kebijakan disana juga melalui media, agar masyarakat juga waspada dan mengantisipasi bencana yang akan terjadi agar tidak menimbulkan korban,” ucapnya, Senin (19/11).

Budi juga meminta kepada masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi dengan cara melakukan beberapa hal seperti menebang pohon yang sudah tua dan rapuh guna menghindari pohon tumbang akibat angin kencang.

“Selain itu warga juga bisa membantu melakukan pengecekan ketika melihat ada aliran air yang keruh bercampur lumpur yang terjadi berulang-ulang,” pungkasnya. (IP)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)
No more articles