tutup
Berita

Optimalkan Peran Masyarakat Terhadap Kamtibmas, Polres Sampang Gelar Apel Kasat Kamling

×

Optimalkan Peran Masyarakat Terhadap Kamtibmas, Polres Sampang Gelar Apel Kasat Kamling

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan Apel Kasat Kamling Di Halaman Mapolres Sampang.
Pelaksanaan Apel Kasat Kamling di Halaman Mapolres Sampang.

SAMPANG – Kepolisian Resor Sampang menggelar apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) tahun 2023 di halaman apel Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang, Rabu (21/06/23).

Apel tersebut dihadiri lagsung oleh wakili Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat SE, MM, Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto S.E, M. Han di wakili Kasdim 0828 Sampang Mayor Inf Ahmad Djailani, Kepala DPMD Kabupaten Sampang R. Chalilurrachman MM dan Kasat Pol PP Sampang Drs. Suryanto MM.

Img 20240409 Wa0073 Optimalkan Peran Masyarakat Terhadap Kamtibmas, Polres Sampang Gelar Apel Kasat Kamling

Tampak para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi, Perwira, Personil Polres Sampang, Kanit Binmas Polsek jajaran, ASN Polri Polres Sampang, Linmas dan Kasatkamling se Kabupaten Sampang mengikuti apel dalam rangka meningkatkan Harkamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2024.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.I.K, M.H saat menjadi pimpinan apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menjelaskan bahwa apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

“Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut kita harus hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat,” ungkapnya.

Ia menerangkan jika Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistim keamanan lingkungan.

Baca juga  Mengenal Tradisi Warga Sampang Jelang Maulid Nabi, Gotong Royong Buat Ketupat Kemudian Diserahkan ke Pondok

Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

“Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling yang diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa penyelenggaraan tugas, Polri di bantu oleh Kepolisian khusus, PPNS dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, selain itu Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

Kapolri dalam amanatnya menegaskan bahwa Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan atau desa. Oleh karena itu kehadiran Satkamling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagaimana bagian dari pemolisian yang prediktif.

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-POLRI dan pemangku kepentingan lain sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya menjelaskan Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas terlebih menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Baca juga  Rayakan Hari Kemenangan, Bupati dan Wabup Sampang Salat Ied Bersama Warga

“Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system dilingkungan masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” pesan Kapolri kepada peserta apel Kasatkamling.

Di akhir amanatnya Kapolri mengucapkan terima kasih dan apreasi kepada seluruh awak Satkamling serta serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

“Saya berpesan kepada rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terpatas non yustisil yang di berikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu di jaga. Karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” pungkas AKBP Siswantoro saat membacakan amanat Kapolri.

Dalam apel tersebut, Kapolres Sampang, Wakil Bupati Sampang, Kasdim 0828 Sampang dan Kasat Pol PP memberikan piala, piagam penghargaan dan hadiah kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Sampang dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023. (dim)