tutup
BeritaNasional

Pemerintah Buka Penerimaan CASN Tahun 2024 Sejumlah 2,3 Juta Formasi

×

Pemerintah Buka Penerimaan CASN Tahun 2024 Sejumlah 2,3 Juta Formasi

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Mengumumkan Penerimaan Casn 2024. (Dok. Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penerimaan CASN 2024. (Dok. Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

AKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa Pemerintah membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024. 

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi. 

Img 20240409 Wa0073 Pemerintah Buka Penerimaan Casn Tahun 2024 Sejumlah 2,3 Juta Formasi

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (5/1/2024). 

Kepala Negara menuturkan bahwa pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru dengan membuka formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690.000 orang. 

Adapun, formasi tersebut nantinya akan tersebar di instansi pusat sebanyak 207.000 dan di instansi daerah 483.000 orang. 

Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” lanjutnya. 

Presiden Ke-7 RI itu mengatakan bahwa rekrutmen CASN digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat.

Menurutnya, Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

Baca juga  Langgar Kode Etik, Dua Anggota Polres Sumenep Diberhentikan Tidak Hormat

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” tandasnya. (red)