tutup
Berita

Peringati Hari Santri, Ribuan Warga NU Sumenep Ikuti JJS Bersarung

×

Peringati Hari Santri, Ribuan Warga NU Sumenep Ikuti JJS Bersarung

Sebarkan artikel ini
Warga Nu Sumenep Berjubel Mengikuti Jjs. (Foto : Viva Jatim)
Warga NU Sumenep berjubel mengikuti JJS. (Foto : Viva Jatim)

SUMENEP – Hari Santri 2023 menjadi momen spesial bagi ribuan santri dan warga Nahdlatul Ulama (NU) dengan mengikuti kegiatan Jalan-Jalan Santri (JJS) yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang NU (PCNU) Sumenep, Minggu (15/10/2023).

Ribuan santri tersebut berkumpul sejak pukul 06.30 WIB di Jalan Trunojoyo depan Masjid Jamik Sumenep dalam rangka memperingati Hari Santri dan mengusung semangat “Jihad Santri Jayakan Negeri.”

Img 20240409 Wa0073 Peringati Hari Santri, Ribuan Warga Nu Sumenep Ikuti Jjs Bersarung

Kegiatan dimulai dengan pelepasan peserta secara simbolis oleh Wakil Rais PCNU Sumenep, KH Washil Hasyim yang mana peserta terdiri dari jajaran Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Sumenep, MWCNU, badan otonom, lembaga, serta warga NU dan santri yang datang bersama.

Acara JJS diikuti oleh puluhan ribu peserta dari berbagai daerah di Sumenep dan berjalan kaki sejauh sekitar 2 kilometer dari Masjid Jamik Sumenep hingga Monumen Trunojoyo.

Sepanjang perjalanan, peserta JJS terlihat bershalawat dan menyanyikan lagu-lagu NU, menciptakan atmosfer kebersamaan dan kebanggaan atas peran santri dalam memajukan Sumenep dan bangsa.

Ketua PCNU Sumenep, KH A Pandji Taufiq, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran santri dalam menjaga kesejahteraan masyarakat Sumenep. Tema Hari Santri 2023, “Jihad Santri Jayakan Negeri,” menjadi arahan yang harus diikuti.

“Kaum santri harus terus berjihad untuk kesejahteraan Sumenep. Ini selaras dengan tema HSN 2023, yakni Jihad Santri Jayakan Negeri,” kata Kiai Pandji.

Lebih lanjut, Kiai Pandji menjelaskan bahwa kegiatan Jalan-jalan Santri yang diadakan oleh PCNU Sumenep bukanlah semata hiburan namun bertujuan untuk memperkuat persatuan dan perdamaian dalam rangka menjaga keharmonisan di Kota Keris Sumenep.

Baca juga  Band Toman Official Hipnotis Pengunjung Sampang Ramadhan Festival

“Ayo kaum santri, rapatkan saf barisan. Siapa pun yang mengganggu NKRI, santri harus ada di garda terdepan untuk membela,” tegasnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang juga turut hadir dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan JJS sebab menurutnya, kegiatan ini memiliki dampak positif dan menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh warga NU di Sumenep.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan JJS ini. Ini adalah kegiatan yang sangat positif dan dapat menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh warga NU di Sumenep,” ucap Fauzi.

Bupati Fauzi berharap agar kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat juang santri dalam membangun Sumenep yang lebih baik.

“Semoga kegiatan JJS ini menjadi momentum untuk memperkuat semangat para santri dalam membangun Sumenep yang lebih baik,” singkatnya. (man)