tutup
ght="300">
Berita

PKB Disalip, PDIP Ukir Sejarah Raih Kursi Terbanyak di Sumenep

×

PKB Disalip, PDIP Ukir Sejarah Raih Kursi Terbanyak di Sumenep

Sebarkan artikel ini
Kantor Dprd Sumenep.
Kantor DPRD Sumenep.

SUMENEP – Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan se-Kabupaten Sumenep telah selesai.

Menariknya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sukses menambah kursi di sejumlah dapil dari 50 kursi di DPRD Kabupaten Sumenep untuk periode 2024-2029. 

Berdasarkan hitung cepat di beberapa internal parpol, suara PDI-P mampu meraih 11 kursi sekaligus mendapat tiket otomatis sebagai Ketua DPRD Sumenep.

Raihan kursi PDI-P pada Pemilu 2024 menjadi sejarah baru dalam perhelatan Pileg di Sumenep pasalnya, PKB merupakan partai pemenang sejak Pemilu 1999.

Terakhir, pada Pemilu 2019, PKB meraih 10 kursi dan mendapat tiket ketua DPRD Sumenep.

Pada Pemilu 2024, PKB diprediksi hanya bertahan dengan 10 kursi meski jumlah dapil Sumenep bertambah menjadi delapan dapil.

Sementara PDIP lebih perkasa dengan raihan 11 kursi DPRD Sumenep namun sebelumnya, partai banteng moncong putih ini hanya mampu mendapat lima kursi.

Pengamat politik dari Universitas Wiraraja Wilda Rasaili mengatakan, kemenangan PDI-P pada Pileg 2024 di Kabupaten Sumenep menurut dipengaruhibeberapa faktor diantaranya integrasi tim pemenangan caleg pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Jadi ada tim yang mendukung caleg pusat sekaligus provinsi dan daerah, begitu juga sebaliknya tim caleg daerah yang diarahkan mendukung caleg provinsi dan pusat,” ujar Dosen FISIP UNIJA tersebut, Jum’at (1/3/2024).

Wildan menilai pergeseran paradigma politik publik yang tidak lagi melihat calon, visi, dan gagasan tetapi mobilitas publik, dan kekuatan tim, juga menjadi penentu kemenangan partai politik.

Baca juga  Digelar Dua Hari, Masyarakat Sampang Tumpah Tonton Parade Combodug

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini menilai Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo yang saat ini juga menjabat Ketua DPC PDI-P di daerah kekuasaannya tidak signifikan dalam kemenangan banteng.

Performa bupati Menurutnya tidak nampal menjadi kekuatan pemenangan, kecuali bupati mendorong loyalitas dan memperkuat tim pemenangan dan publik tidak banyak yang berbicara tentang bupati sebagai ketua DPC PDIP.

“Justru yang dominan mendistribusikan kekuatan yaitu Anggota DPR RI dari PDIP yang dari Sumenep yaitu Said Abdullah,” pungkas Sekretaris ICMI Orda Sumenep. (man)