tutup
Nasional

Presiden Jokowi Luncurkan Logo IKN Nusantara

×

Presiden Jokowi Luncurkan Logo IKN Nusantara

Sebarkan artikel ini
Logo Ikn Nusantara Yang Diluncurkan Presiden Jokowi.
Logo IKN Nusantara yang diluncurkan Presiden Jokowi.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang merupakan hasil seleksi dari para peserta yang telah mengikuti sayembara di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023).

Hadir dalam acara peluncuran itu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Seskab Pramono Anung, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ATR hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, hingga Wishnutama.

Img 20240311 Wa0009 Presiden Jokowi Luncurkan Logo Ikn Nusantara

Kepala Otorita IKN lantas menyampaikan laporan mengenai proses seleksi logo IKN. Kemudian dilanjutkan dengan penayangan video proses seleksi logo IKN Nusantara.

Lima desainer yang terlibat dalam pembuatan logo IKN Nusantara lalu dipanggil ke atas panggung. Mereka mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp 15 juta.

Berikut nama desainer dari lima logo yang telah dipilih Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk dipilih:

1. Agra Satria. Pendiri dan direktur kreatif MATA Studio. Agra adalah alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.
2. Aulia Akbar. Desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Aulia Akbar merupakan lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.
3. Dimas Fakhruddin. Desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dimas merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.
4. Ismiaji Cahyono. Kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ismiaji merupakan lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.
5. Wildan Ilham. Co-founder workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

Baca juga  MA Kabulkan Kasasi, Hukuman Mati Ferdy Sambo Batal

Jokowi kemudian mengumumkan logo yang didesain Aulia Akbar yang terpilih sebagai logo IKN Nusantara. Logo tersebut bertema pohon hayat. Pemenang sayembara logo tersebut mendapatkan hadiah Rp 185 juta.

“Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, periode pemilihan logo IKN telah ditutup pada 20 Mei 2023. Proses voting melibatkan lebih dari 500 ribu masyarakat Indonesia.

“Semua masyarakat ikut serta memilih logo, ini akan kebawa terus sampai kemudian hari. Saya kira bukti lebih dari 500 ribu orang sudah berpartisipasi adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk kita semua agar Nusantara ini ke depan sudah partisipasi adalah satu kebanggaan tersendiri untuk kita semua,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (23/5).

Seluruh lapisan masyarakat diajak ikut serta untuk memilih logo IKN, dari masyarakat sipil, aparatur sipil negara (ASN), hingga TNI dan Polri.

Menurut Bambang, atensi publik diperlukan sehingga pemilihan logo IKN mempunyai nilai representasi yang baik. OIKN bersama BNI memberikan informasi tersebut melalui kanal-kanal media strategis seperti halnya melalui televisi, radio, iklan videotron, website, media massa, maupun media sosial.

Pemilihan logo ini diselenggarakan secara terbuka agar seluruh pihak dapat terlibat langsung dalam proses persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. (red)