tutup
ght="300">
Berita

Program Abdimas LPPM UTM Lakukan Pendampingan Proses Sertifikasi Halal di Desa Pasanggar Pamekasan

×

Program Abdimas LPPM UTM Lakukan Pendampingan Proses Sertifikasi Halal di Desa Pasanggar Pamekasan

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Mahasiswa Kkn Saat Melakukan Pendampingan.
Salah satu Mahasiswa KKN saat melakukan pendampingan.

PAMEKASAN- Program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pendampingan proses sertifikasi halal dengan menyasar pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Pasanggar, Pegantenan, Pamekasan, Jum’at (27/11/2023).

KKN tersebut dilakukan dari 2 jurusan yakni jurusan ekonomi syari’ah dan hukum bisnis syari’ah beranggotakan 10 orang, yang mana Program kerja tersebut merujuk sesuai dengan judul Abdimas KKNT 2023 yaitu “Meningkatkan Pendapatan Desa Pasanggar Pegantenan Pamekasan Melalui Pemberdayaan dan Pendampingan Program Sertifikasi Halal Jalur Self Declare Bagi UMKM Sektor Makanan dan Minuman”.

Program self-declare disebut juga dengan pernyataan mandiri yakni memiliki arti mekanisme pengurusan sertifikat halal melalui pernyataan pelaku usaha bahwa produknya halal, setelah melalui pendampingan, verifikasi dan validasi proses produk halal (PPH) oleh Pendamping PPH.

Baca juga  Haji Her Diisukan Layak Maju Sebagai Bupati Pamekasan

Kegitan tersebut disambut baik oleh Perangkat desa Pasanggar seperti yang diungkapkan saat penyambutan pembukaan acara KKNT di balai desa.

“Saya berharap dengan adanya program KKN yg ada di desa pasanggar dapat membawa hal” yg baik dan bermanfaat bagi masyarakat desa pasanggar ini”, tutur Romly selaku Kepala Desa Pasanggar.

Bapak Khoirun Nasik selaku DPL abdimas kknt utm di kelompok ini juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut fokus untuk memberikan informasi tentang pentingnya mendaftarkan produknya menjadi produk halal, dan kita wajib melakukan pendampingan sertifikasi halal kepada masyarakat yg tengah menjalani usaha atau pelaku usaha sudah bersedia. (wan)