tutup
Berita

Puluhan Ribu Orang Hadiri Haul Kyai Muafi Zaini

×

Puluhan Ribu Orang Hadiri Haul Kyai Muafi Zaini

Sebarkan artikel ini
Img-20180908-Wa0127
IMG-20180908-WA0127

SAMPANG – Puluhan ribu alumni dan simpatisan Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, Prajjan Camplong, Sampang Madura menghadiri haul Almarhum KH Muafi A. Zaini yang digelar di Desa Sawah Tengah, kecamatan Robatal, Sampang Madura, Jawa Timur, Sabtu (8/9/2018).

Haul yang diadakan setiap tanggal 27 Dulhijjah ini merupakan haul yang kedua pendiri Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, Prajjan Camplong, Sampang. Haul pertama digelar di Kecamatan Ketapang, Sampang pada tahun 2017 yang lalu.

Img 20240409 Wa0073 Puluhan Ribu Orang Hadiri Haul Kyai Muafi Zaini

Acara yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, KH. Muhammad Bin Muafi ini dihadiri oleh para Ulama, Habaib dan Masyayikh. Diantaranya, Habib Umar Zainal Abidin Assegaf, KH. Tamim Romli, mursyid Thoriqoh Naqsabandiyah, Paterongan Jombang, KH. Zainur Rahman, pengasuh Pondok Pedantren Almuqri Sumenep, KH. Thoyyib Madani Prajjan Camplong, para pimpinan pondok pesantren dan lembaga pendidikan cabang Nazhatut Thullab Prajjan Camplong serta tokoh masyarakat.

Setelah dibuka oleh Habib Umar Zainal Abidin Assegaf, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan istigotsah, dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab, KH. Muhammad bin Muafi.

Dalam sambutannya, Ra Mamak, sapaan akrabnya, menyampaikan terima kasih kepada panitia, alumni dan simpatisan yang telah mensukseskan haul kedua pendiri pesantren Nazhatut Thullab tersebut.

“Banyak hal yang perlu kita teladani dari sosok Kyai Muafi. Pengabdiannya dalam mendidik santri dan merawat bangsa ini sungguh luar biasa,” sambutnya.

Baca juga  Pemkab Sampang Lelang Kursi 6 Jabatan Kepala Dinas dan 1 Staf Ahli

Karena itu, kata Ra Mamak, teladan almarhum Kyai Muafi selayaknya dijadikan uswah bagi para santri, alumni dan simpatisannya.

Img 20180908 Wa0132 3 Puluhan Ribu Orang Hadiri Haul Kyai Muafi Zaini
Puluhan ribu warga alumni dan simpatisan menghadiri haul Kyai Muafi di Robatal.
Foto: Mirza/taberita

Sementara itu, Moh Nasir, Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan haul dan istigotsah tersebut dihadiri oleh 17,500 ribu alumni dan simpatisan.

“Alhamdulillah, ribuan alumni dan simpatisan Pondok Nazhatut Thullab hadir di acara ini,” jelas alumni yang juga kepala desa Sawah Tengah, kecamatan Robatal ini.

Hal serupa juga disampaikan H Moh. Sholehuddin, ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Nazhatut Thullab (IKAPNAZ). Menurutnya, acara haul dan istighosah tersebut merupakan kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun untuk mengenang Almarhum Kyai Muafi. Disamping juga sebagai ajang silaturahmi antar alumni dan simpatisan.

“Haul ini dilaksanakan tiap tahun, dan tempatnya pun bergantian,” singkatnya. (AW)