tutup
ght="300">
Berita

Raih Suara Terbanyak Pileg DPRD Sampang 2024, Rudi Kurniawan Jadi Calon Kuat Ketua Dewan

×

Raih Suara Terbanyak Pileg DPRD Sampang 2024, Rudi Kurniawan Jadi Calon Kuat Ketua Dewan

Sebarkan artikel ini
Rudi Kurniawan.
Rudi Kurniawan.

SAMPANG – Penghitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) di tingkat Kabupaten Sampang telah rampung.

Dari hasil rekapitulasi KPU Sampang, nama calon legislatif (caleg) yang meraih suara terbanyak di Dapil 1 bahkan se – Kabupaten Sampang adalah Rudi Kurniawan dari Partai NasDem dengan 22.228 suara.

Posisi pertama ini menempatkannya sebagai petahana dari dapil 1 yang mencakup kecamatan Sampang, Torjun, dan Pangarengan kembali duduk di kursi DPRD Sampang.

Hasil rekapitulasi tersebut juga menunjukkan bahwa NasDem berpotensi mendapatkan kursi terbanyak pada Pileg 2024 di Sampang.

Jika NasDem memenangkan pileg berpotensi partai tersebut berpeluang meraih kursi Ketua DPRD Sampang.

Rudi Kurniawan, sebagai caleg suara terbanyak, memiliki peluang untuk menjadi pimpinan DPRD Kabupaten Sampang, namun saat diwawancara, Rudi Kurniawan menyatakan bahwa tidak pernah memikirkan posisi kepemimpinan.

“Alhamdulillah masyarakat masih percaya saya hingga mendapatkan suara terbanyak, tapi saya tidak pernah berpikir sedikitpun untuk menjadi Ketua Dewan. Dipilih oleh rakyat saja saya sudah bersyukur sekali dan ini anugerah yang luar biasa bagi kami,” ungkapnya.

Meskipun demikian, penentuan unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) didasarkan pada jumlah perolehan kursi dalam pileg.

Partai politik yang memperoleh kursi terbanyak akan menduduki posisi ketua DPRD, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 12 Tahun 2018. (red)

Baca juga  Pasca Terendam Banjir, Ribuan Hektare Sawah Tanaman Padi Masyarakat Sampang Terancam Gagal Panen