tutup
BeritaKesehatan

RSMZ Sampang Sediakan Layanan Imunisasi Difteri Untuk Anak Usia Dini

×

RSMZ Sampang Sediakan Layanan Imunisasi Difteri Untuk Anak Usia Dini

Sebarkan artikel ini
Poster Layanan Imunisasi Difteri.
Poster layanan imunisasi difteri.

SAMPANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang menyediakan layanan imunisasi difteri untuk semua kelompok usia, khususnya pada anak usia dini yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Difteri merupakan infeksi selaput lendir pada hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphterie dan sangat mudah menular dan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada 5-10 persen penderita.

Img 20240409 Wa0073 Rsmz Sampang Sediakan Layanan Imunisasi Difteri Untuk Anak Usia Dini

Direktur Utama RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang dr. Agus Akhmadi menyampaikan penyakit ini sangat mudah menular, bisa dari batuk, sentuhan kulit dari orang lain maupun menyentuh barang yang sudah ada bakterinya.

“Jika sudah terkena bakteri tersebut, menyumbatnya saluran pernafasan, peradangan dan kelumpuhan otot jantung dan kematian,” ungkapnya, Senin (01/05/23).

Dirinya menambahkan, kementerian kesehatan telah memberikan panduan mengenai imunisasi dasar dan lanjutan dapat diberikan. Imunisasi dasar dapat diberikan pada anak umur 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Pemberian vaksin DPT kerap dikonbinasikan dengan imunisasi HB atau hepatitis B.

“Harapannya semoga masyarakat Kabupaten Sampang khususnya bisa menyadari bahwa difteri adalah salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, melakukan imunisasi dengan lengkap dan tepat waktu,” pungkasnya. (dim)

Baca juga  Buat Apa 'Milenial Road Safety' di Kejurprov 2 Balap Motor Sampang ??