tutup
Berita

Sekian Tahun Menanti, Pembangunan Breakwater di Ketapang Sampang Akan Terealisasi Tahun Ini

×

Sekian Tahun Menanti, Pembangunan Breakwater di Ketapang Sampang Akan Terealisasi Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Breakwater
Ilustrasi Breakwater

SAMPANG – Harapan masyarakat Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang akan memiliki Breakwater atau pemecah ombak akan terealisasi tahun ini.

Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menggelontorkan dana sebesar Rp 45,5 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023.

Img 20240213 Wa0002 Sekian Tahun Menanti, Pembangunan Breakwater Di Ketapang Sampang Akan Terealisasi Tahun Ini

Anggaran fantastis tersebut bakal dipakai untuk membangun breakwater atau pemecah ombak, yang berlokasi di pesisir pantai Desa/Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang.

Mega proyek tersebut belum dikerjakan lantaran proses tendernya belum selesai. Sebagaimana tercantum dalam laman resmi Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, tahapan lelang sudah masuk pada pengumuman pasca kualifikasi.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sampang, Moh.Zis melalui Kabid Sumber Daya Air Indah Sri Wahyuni saat dikonfirmasi membenarkan bahwa tahun ini ada alokasi anggaran proyek pembangunan breakwater yang berlokasi di Kecamatan Ketapang.

“Ia ada proyek pembangunan breakwater di pantai Ketapang dari Kementerian PUPR. Tetapi lokasinya di sebelah mana kami belum tahu,” kata Indah Sri Wahyuni, Senin (20/3/2023).

Sementara itu, Tokoh Masyarakat di Ketapang Moch. Wijdan menyambut baik adanya proyek pembangunan breakwater yang dilaksanakan Kementerian PUPR.

Pembangunan breakwater menurutnya sangat dibutuhkan terutama menunjang keamanan warga sekitar pantai dan para nelayan setempat.

“Harapan kami, pembangunan breakwater tersebut segera terealisasi sesuai harapan warga nelayan di Pantura Sampang,” tutupnya. (dim)

Baca juga  Bupati Sampang Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional