tutup
ght="300">
Pendidikan

Sekolah Bangkalan Masih Pakai Mebel Peninggalan Belanda ??

×

Sekolah Bangkalan Masih Pakai Mebel Peninggalan Belanda ??

Sebarkan artikel ini
Mebel Peninggalan Belanda
Meja kursi kayak gini ini ternyata peninggalan zaman Indonesia dijajah Belanda loh gaess. (Gambar Taberita.com)

BANGKALAN – Gaess, kalian pernah tahu gak apa aja peninggalan Belanda setelah kita merdeka? Di Bangkalan tuh banyak juga loh. Ada bangunan rumah, benteng, mercusuar dan banyak lagi.

Bahkan, sampe sekarang ini masih ada sekolah di Kecamatan Modung yang masih pakai mebel peninggalan Belanda. Kok bisa ya?

Bisa dong. Soalnya dulu pemerintahan kolonial Belanda itu kalo bikin apa-apa mesti dengan kualitas terbaik. Makanya awet sampe seabad lebih. Gak kayak sekarang, bikin apa-apa seperti asal-asalan biat cepet rusak terus ada proyek lagi deh.. wkwkwkk..

Sekolah yang masih pakai mebel  peninggalan Belanda itu adalah SDN Patereman I, Kecamatan Modung. Mebelnya berupa meja dan bangku sekolah. Ada juga beberapa lemari.

Baca juga  Kesulitan Air Bersih, Ini yang Dilakukan Warga Bangkalan

Gedung sekolah ini juga peninggalan Belanda loh. Konon dibangun tahun 1911 sama Belanda. Dan masih bertahan sampe sekarang. Uda 108 tahun gedung sekolah itu berdiri. Lebih lama berdirinya dari Nyonya Meneer yang berdiri sejak 1918.

Gak capek apa si Nyonya Meneer berdiri mulu?

Sampe sekarang mebel dan sekolah itu masih difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar. Cuma gedung sekolah yang menghadap ke selatan itu dicat ulang oleh pihak sekolah untuk perawatan gedung.

Kepala sekolah SDN Pateramam I, Hudhori bilang kalo sekolah yang dipimpinnya itu adalah sekolah pertama di Kecamatan Modung. “Masih sangat bagus, kayu jati (bahan mebel) sangat kuat,” kata Hudhori, bersemangat

Baca juga  Disdik Gelar OSN Tingkat SMP se-Kabupaten Sampang

Nah, gaess gimana menurut kamu? Sekolah dengan mebel dan gedung peninggalan Belanda ini perlu diperhatikan. Perhatian yang gimana gitu. Masak di zaman modern gini masih pake mebel yang udah jaduuuul banget. Tapi di sisi lain,  bagus sih. Soalnya itu mempertahankan dan memelihara benda bersejarah. (dee)

Source: beritalima.com