tutup
ght="300">
Berita

Tekan Angka Pengganguran, Disnaker Sampang Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

×

Tekan Angka Pengganguran, Disnaker Sampang Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Sebarkan artikel ini
Kantor Disnaker Sampang.
Kantor Disnaker Sampang.

SAMPANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membuka beberapa pelatihan sebagai upaya mengasah kemampuan masyarakat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinasker) Kabupaten Sampang Yudhi Adidarta Karma menjelaskan bahwa pelatihan tersebut digelar sebagai upaya mengurangi angka pengangguran.

Adapun jenis pelatihan yang digelar oleh Dinasker Sampang ada enam diantaranya pembuatan kue, menjahit, service motor, pengelasan, desain grafis dan membatik.

“Tugas kami mengembangkan minat dan bakat masyarakat, sehingga hasil pelatihan tersebut nantinya mereka bisa berwirausaha dan menghasilkan pundi pundi rupiah,” ungkapnya, Selasa (22/8/2023).

Dalam pelatihan tersebut, Disnaker menyiapkan mentor yang ahli di bidangnya sehingga memberikan pelajaran dan materi yang sesuai dengan materi yang dipilih oleh mereka.

Baca juga  Laporkan Dugaan Korupsi Dana Hibah Jatim ke KPK, Gus Mamak Terlibat ?

Pihaknya mengaku minat dan antusias masyarakat sangat tinggi, namun peserta yang dipilih hanya 16 orang dari masing-masing bidang pelatihan.

“Kita hanya menerima 16 peserta saja dari masing-masing pelatihan mas, jadi meski banyak yang mendaftar kita langsung menerima semuanya, akan tetapi dipilih melalui ujian terlebih dahulu,” tambahnya.

Yudhi menyampaikan bahwa di tahun ini tersisa dua kali pelatihan lagi, sehingga dirinya membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang mempunyai keinginan tinggi untuk mengasah kemampuannya sangat cocok mengikuti pelatihan yang digelar Disnaker Sampang.

“Tahun ini kira-kira akan digelar kembali dua kali pelatihan, masyarakat bisa mendaftar langsung ke Kantor Disnaker Sampang,” tutupnya. (amr)