tutup
Berita

Tiga Mahasiswa FH UTM Dampingi Penanganan Perkara di Kejaksaan Negeri Lamongan

×

Tiga Mahasiswa FH UTM Dampingi Penanganan Perkara di Kejaksaan Negeri Lamongan

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura Saat Foto Bersama Dengan Pegawai Kejaksaan Negeri Lamongan.
Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura saat foto bersama dengan pegawai Kejaksaan Negeri Lamongan.

LAMONGAN – Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura (FH UTM) antusias mengikuti program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di kantor Kejaksaan Negeri Lamongan (Kejari) Lamongan selama 30 hari terhitung dari 23 Oktober 2023 hingga 23 November 2023.

Program PKL ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UTM, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa secara langsung di lapangan, dan untuk pelatihan kompetensi konsentrasi yang diambil di bangku kuliah.

Img 20240213 Wa0002 Tiga Mahasiswa Fh Utm Dampingi Penanganan Perkara Di Kejaksaan Negeri Lamongan

Tersebut ini diikuti oleh Reyhan Marvel Aryobowo, Muhammad Izzul Ilah Rizqi dan Mochamad Rafli, dan Kusmi, S.H., M.H. sebagai dosen pendamping.

Selain antusias ikuti alur persidangan perkara secara langsung di pengadilan, mereka juga lakukan analisa berkas-berkas perkara, pembuatan surat dakwaan, membantu jaksa penuntut umum dalam pemeriksaan tersangka dan barang bukti dan melimpahkan perkara ke pengadilan.

Ketua Kelompok PKL, Muhammad Izzul Rizqi menuturkan, selama ikuti program ia mendapatkan pemahaman mengenai apa saja tugas, pokok, dan fungsi dari seorang jaksa di lapangan dan mekanisme dalam beracara di persidangan sebagai seorang Jaksa.

“Setalah itu kami di berikan tugas untuk meneliti kelengkapan berkas yang diperlukan oleh Jaksa dalam beracara di pengadilan, dimana salah satu berkas yang cukup penting ialah Surat Dakwaan yang menjadi andalan dari seorang Jaksa. Selain itu kami juga di ajak untuk melihat langsung mengenai proses persidangan secara langsung, dan diberikan tugas untuk mengamati dan meneliti bagaimana proses persidangan tersebut berjalan”, ujarnya, Senin, (11/12/23).

Baca juga  Setubuhi Pacar Usai Tak Raih Restu Orang Tua, Pemuda Sampang Mendekam di Penjara

Ia menambahkan program PKL sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan maupun nantinya dalam dunia kerja karena dapat belajar secara langsung kepada ahli didalam bidangnya.

“Semoga kegiatan PKL ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa UTM,” pungkasnya. (ang)