tutup
ght="300">
Berita

Video Viral Ulat Bulu Mematikan di Pamekasan Dipastikan Hoax

×

Video Viral Ulat Bulu Mematikan di Pamekasan Dipastikan Hoax

Sebarkan artikel ini
Polisi Saat Menjelaskan Video Hoax Yang Beredar Di Kalangan Masyarakat Pamekasan.
Polisi saat menjelaskan video hoax yang beredar di kalangan masyarakat Pamekasan.

PAMEKASAN – Video ulat bulu Amerika yang diduga berbahaya sempat menggegerkan warga Pamekasan ternyata hoax.

Kepastian hoax tersebut ditegaskan oleh Wakapolres Pamekasan bahwa video ulat bulu Amerika yang viral di medsos dan grup WhatsApp warga Pamekasan lokasinya bukan di Indonesia.

“Saya minta kepada warga Kabupaten Pamekasan untuk tidak panik atas viralnya ulat bulu Amerika yang mematikan,” tegas Kompol Andy, Sabtu, (24/2/2024).

Dalam tayangan video hoax tersebut kata Andy, ulat bulu Amerika sudah memakan korban 16 anak, dan menurutnya ulat bulu Amerika tersebut tidak akan sampai ke Indonesia apalagi ke kota Gerbang Salam Pamekasan.

Menurutnya, semua jenis ulat bulu mematikan atau tidaknya bergantung pada gradasi atau tingkat alergi pada manusia itu sendiri, dan jika memang alergi berat, hendaknya segera diobati ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat..

Wakapolres Pamekasan menyatakan, video ulat Amerika dengan ciri berwarna hijau, berukuran cukup besar, dan menempel pada daun sempat meresahkan masyarakat.

”Dalam video yang diposting di medsos X oleh pemilik akun @tanyarifes yang kemudian viral di grup WhatsApp itu pada Kamis (22/2/2024) itu kami pastikan hoax,” jelasnya.

Andy Purnomo menerangkan, hal tersebut sudah diungkap oleh dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Slamet Raharja bahw ulat tersebut berjenis ASP dari Amerika Serikat. (wan)

Baca juga  Catat, Berikut Jadwal Event Kerapan Sapi Tingkat Kawedanan dan Kabupaten di Pamekasan