tutup
Berita

Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Bangkalan, Akses Jalan Kwanyar – Modung Mendadak Diperbaiki

×

Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Bangkalan, Akses Jalan Kwanyar – Modung Mendadak Diperbaiki

Sebarkan artikel ini
Kondisi Jalan Kwanyar - Modung Pasca Diperbaiki Oleh Pemkab Bangkalan.
Kondisi jalan Kwanyar - Modung pasca diperbaiki oleh Pemkab Bangkalan.

BANGKALAN – Akses jalan Kwanyar-Modung mendadak di perbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Usut punya usut, perbaikan dadakan itu lantaran kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin ke pondok pesantren Al Anwar Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Kamis, (31/08/23).

Salah satu aktivis PMII Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Ulum Kedungdung Modung Bangkalan Madura Imron Hedi mengaku heran terhadap Pemkab Bangkalan sebab untuk memperbaiki jalan Kabupaten tersebut harus menunggu kedatangan Wakil Presiden.

Img 20240409 Wa0073 Wapres Ma'Ruf Amin Kunjungi Bangkalan, Akses Jalan Kwanyar - Modung Mendadak Diperbaiki

“Akses jalan jalur Modung Kwanyar sedang diperbaiki, mungkin lantaran bapak Wakil Presiden mau melewati jalur itu dengan tujuan ke PP Al Anwar beton,” terangnya.

Ia menilai Pemerintah Kabupaten Bangkalan tidak punya inisiatif dalam membangun infrastruktur di Bangkalan.

“Kenapa baru sekarang diperbaiki, padahal jalan itu sudah rusak sejak 2021 yang lalu, kan jelas ini karena mau kedatangan Wapres,” Jelasnya.

Selain itu, Imron menyoroti soal akses jalan yang rusak sejak 2019 lalu hingga kini tidak kunjung diperbaiki, padahal menurutnya lebih parah akses jalan Blega – Labeng dari pada Kwanyar-Modung.

“Lalu bagaimana dengan kabarnya akses jalan yg lain? Yang sudah lama belum di perbaiki juga. Seperti jalur Labeng – Blega,” Tanyanya.

Tidak hanya itu, bahkan Mahasiswa asal desa Srabi Timur itu juga menilai ada kejanggalan terkait anggaran perbaikan jalan, karena setiap tahun alasan dinas terkait tidak ada anggarannya, namun ketika ada pemimpin negera yang datang, secara spontan anggaran perbaikan jalan itu ada.

Baca juga  Tarik Minat Wisatawan Bukit Jaddih, UKM Ghubatras UTM Gelar PPK Ormawa Bersama Pokdarwis

“Secara tidak langsung kita harus mengundang wapres tiap tahun dan bawa langsung ke akses jalan yg rusak lainnya, supaya jalan jalan rusak itu juga di perbaiki,” Tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rizal Mardiansyah membantah adanya perbaikan jalan itu kerena berkaitan dengan kedatangan Wakil Presiden RI.

“Bukan mas, untuk Kwanyar-Modung memang ada anggaran penanganan dari PUPR, tapi kebetulan saja bareng sama kedatangan wapres,” ucaapnya.

Rizal menjelaskan anggaran perbaikan jalan itu diambilkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangkalan.

“Dari DAU mas, untuk anggarannya 1 M, panjangnya sekitar 500 meter dari Bata Timur ke Bata Barat dengan lebar 4 meter, lapen dan tambal sulam,” ujarnya.

Adapun pengerjaan perbaikan jalan tersebut, Rizal mengaku dilakukan selama 120 hari, sejak tanggal 11 Agustus 2023 yang lalu.

“Sejak tanggal 11 Agustus mas, maaf saya masih di lapangan, jadi datanya sepenggal sepenggal,” Tungkasnya.

Namun fakta di lapangan berdasarkan pamflet yang beredar dari Agra Abipraya. CV jalan tersebut dilakukan sejak hari Senin 28 Agustus 2023 Pukul 15.00 – 24.00 wib kemarin dan hari Selasa tanggal 29 Agustus 2023 dengan jam yang sama. (ang)