Ancaman Bupati Bangkalan dan Bupati Pamekasan pada Indomart dan Alfamart

10
Bupati Pamekasan dan Bupati Bangkalan. (Gambar Taberita.com)

BANGKALAN – Bupati Bangkalan dan Bupati Pamekasan sama-sama punya semangat besar buat menghidupkan usaha kecil rakyatnya. Caranya keren banget ni gaes. Yakni dengan memperluas kesempatan para pengusaha kecil itu bisa menjual produknya di toko modern kayak Indomart dan Alfamart gitu.

Bupati-bupati sebelumnya mungkin pernah punya inisiatif yang sama dengan dua bupati muda yang baru dilantik sekitar 3 bulan lalu itu. Tapi inisiatif Bupati Bangkalan dan Bupati Pamekasan ini lebih besar lagi porsinya. Mereka bakal minta supaya Indomart dan Alfamart mengisi 25 persen tokonya dengan produk lokal kabupaten masing-masing. Kalo gak mau, tutup aja.

“Saya sedang mengupayakan supaya 25 persen isinya toko modern di Bangkalan ini adalah produk UMKM. Nanti prosedur pembiayaannya kami akan bentuk BUMD,” terang Bupati Bangkalan RKH Abd Latif Amin Imron (Ra Latif). Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu dibuat untuk pembiayaan ke UMKM.

Soalnya, Indomart dan Alfamart itu gak akan langsung bayar produk UMKM yang masuk tokonya. Yang laku baru dibayar. Itu pun setelah dua atau tiga kali penjualan. “Padahal UMKM kan perlu perputaran uang yang cepat. Makanya nanti BUMD yang akan menalangi pembayaran ke UMKM,” jelas Ra Latif.

Yang bikin gemes itu, maksud baik Ra Latif itu masih adaaa aja yang protes. Katanya kalo jual produk UMKM di Indomart dan ALfamart itu justru bikin dua toko modern itu makin jaya. Jadi lebih baik bikin toko modern sendiri khusus produk UMKM. “Saya memahami itu, tapi kalo buat toko modern sendiri khusus UMKM kan prosesnya lama. Lebih baik memanfaatkan yang ada dulu sambil menunggu toko modern khusus UMKM itu,” kata pria berkacamata itu saat berdiskusi dengan komunitas anak muda di Pendopo Bupati.

Hal yang sama juga akan dilakukan Bupati Pamekasan Badrut Tamam. Plus tambahannya, belio juga minta toko-toko modern itu dibranding batik Pamekasan. “Kalo tidak mau isi 25 persen produk UMKM Pamekasan dan tidak mau dibranding batik Pamekasan, saya akan cabut izinnya,” katanya saat menghadiri sebuah acara seminar.

Nah gaess, keren kan. Kamu uda punya produk apa nih? Indomart dan Alfamart itu ada di mana-mana dan jumlahnya banyak loh. Ayo berkreasi dan menghasilkan sesuatu untuk dijual dan menghasilkan uang. (dee)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)